Program BKKBN di Singkawang Cukup Meluas, Achbar Minta Dinas Kesehatan Perperan

Ke depannya tentunya peran aktif dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana di perlukan

Program BKKBN di Singkawang Cukup Meluas, Achbar Minta Dinas Kesehatan Perperan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Al Achbar Rachimsa Putra 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Duta GenRe Singkawang tahun 2018, Al Achbar Rachimsa Putra mengatakan sejauh ini program BKKBN di Singkawang sudah cukup meluas.

Bahkan di 5 kecamatan di Kota Singkawang masing masing terdapat kampung KB.

"Nah secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas," kata Al Achbar Rachimsa Putra, Senin (14/1/2019).

Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

Baca: Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 10 Miliar untuk Kelurahan di Kota Pontianak

Baca: Pencapaian Akseptor KB di Bawah Target, Safari: Penyuluh KB Singkawang Hanya 2 Orang

Ke depannya tentunya peran aktif dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana di perlukan.

Bahkan dengan melibatkan sekumpulan remaja yaitu Forum GenRe Kota Singkawang dan berbagai Pusat informasi dan konseling remaja sehingga dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan dari program tersebut.

"Jadi terdapat 2 peran di sini yaitu pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan KB yaitu memfasilitasi segala hal baik itu untuk kesehatan dan rutin dalam melakukan pengamatan lapangan mengenai infrastruktur maupun kehidupan di sana, dan remaja-remaja sebagai generasi berencana dengan keaktifan dan kreatifitas dapat berbagi ilmu menjadi pembicara muda melakukan sosialisasi yang berkaitan tentang KKBPK," ungkapnya. 

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved