Berita Video

Mengenal UTBK Bagi Calon Mahasiswa SBMPTN, Berikut Ulasan Rektor Thamrin Usman

Lanjutnya, setiap siswa yang nantinya mengikuti UTBK, harus mendapatkan skor yang sudah ditentukan,

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Maudy Asri Gita Utami

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) melalui mekanisme jalur SBMPTN tahun 2019, menerapkan sistem baru yang diadakan oleh Pemerintah melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan disosialisasikan oleh Universitas Tanjungpura di Auditorium Untan, Rabu(9/1/2019).

Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. H. Thamrin Usman membuka sosialisasi kepada guru-guru perwakilan sekolah mengenai alur perubahan untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Baca: Pernah Dianggap Teroris di China, Aswandi, Mantap Gunakan Kopiah Sebagai Identitas

Baca: Lusi: Gay di Pontianak Banyak Terjangkit HIV-AIDS

"Melalui Jalur baru, diharapkan Universitas mampu bersaing di bidang akademik dengan calon-calon mahasiswa yang unggul dengan sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya," ujar Thamrin Usman

Lanjutnya, setiap siswa yang nantinya mengikuti UTBK, harus mendapatkan skor yang sudah ditentukan, karena hasilnya itu merupakan syarat untuk memilih jurusan yang diinginkan dan setiap siswa hanya bisa mengikuti UTBK sebanyak dua kali.

Ia berharap kepada pihak sekolah, agar bisa mensosialisasikan dan memberi pemahaman kepada siswa-siswa yang akan mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri nantinya melalui jalur SBMPTN.

"Karena ujian kali ini tidak menggunakan sistem lama atau ujian tertulis di kertas, akan tetapi UTBK pelaksanaannya mulai menggunakan IT atau komputer,"tutup Thamrin Usman

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved