Himapol Indonesia Korwil 3 Apresiasi Perekrutan Relawan Demokrasi Oleh KPU di Kalbar

Rozi Pararozi mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah kabupaten di Kalbar yang mulai kembali melakukan perekrutan

Himapol Indonesia Korwil 3 Apresiasi Perekrutan Relawan Demokrasi Oleh KPU di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Divisi Kajian Strategis dan Advokasi Himpunan Mahsiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) Indonesia Korwil 3, Rozi Pararozi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Divisi Kajian Strategis dan Advokasi Himpunan Mahsiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) Indonesia Korwil 3, Rozi Pararozi mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah kabupaten di Kalbar yang mulai kembali melakukan perekrutan relawan demokrasi.

Meskipun sebelumnya KPU sudah pernah melakukan hal yang sama. Namun, Pemilu serentak 2019 kali ini cukup berbeda dengan Pemilu sebelumnya.

Pemilu sebelumnya hanya memilih DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota.

"Pada Pemilu 2019 mendatang, selain empat surat suara di atas maka akan ditambah dengan satu surat suara yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden," ungkapnya, Rabu (9/1/2019).

Baca: Puluhan Tim Sepak Takraw Unjuk Kebolehan di Kejuaraan Antar Pelajar FKIP Untan

Baca: TRIBUN WIKI : Taman Bunggur, Tempat Favorit Warga Sintang Berkumpul

Baca: Di Tahun 2018, BP3TKI Pontianak Sebar 1.529 Pekerja Migran Indonesia di 10 Negara

Keberadaan relawan demokrasi ini, kata dia, sangat penting untuk membantu KPU dalam mensosialisasikan Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang kepada pemilih. Baik itu pemilih pemula maupun pemilih yang sudah pernah mengunakan hak pilihnya di Pemilu atau Pilkada sebelumnya.

"Perekrutan relawan demokrasi ini juga merupakan salah satu upaya KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih, karena salah satu indikator keberhasilan pemilu serentak 2019 diukur dari tingkat partisipasi pemilih," katanya.

Adanya relawan demokrasi ini diharapkan dapat membantu KPU secara maksimal dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terutama pemilih pemula.

Baca: Berbagai Wawasan Pada Generasi Muda, Ronaldi: Kegiatan Ini Banyak Manfaatnya Untuk Siswa

Baca: Ajukan Cerai, 16 Guru di Pontianak Bakal jadi Janda

"Karena nantinya relewan demokrasi ini akan dipilih 5 orang dari 11 basis pemilih antara lain keluarga, pemula, muda, perempuan, penyandang disabilitas, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, komunitas demokrasi, dan warganet," terangnya.

Dari 11 basis pemilih tersebut sudah cukup mewakili semua basis pemilih secara keseluruhan. Ia juga berharap adanya relawan demokrasi dari 11 basis pemilih ini dapat menyampaikan segala informasi mengenai Pemilu 2019 ke semua lapisan masyarakat, mengingatkan pemilu serentak sudah semakin dekat.

"Tinggal bagaimana peran aktif masyarakat dengan kesadaranya untuk segara mendaftarkan diri ke KPU agar menjadi bagian pejuang demokrasi dalam Pemilu serentak 2019 ini. Sehingga, dapat memudahkan KPU dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas," tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved