Internasional

Presiden Bank Dunia Mendadak Mengundurkan Diri, Ternyata Ini Alasannya

Presiden World Bank atau Bank Dunia, Jim Yong Kim secara mendadak mengumumkan pengunduran diri.

Presiden Bank Dunia Mendadak Mengundurkan Diri, Ternyata Ini Alasannya
TRIBUNNEWS/APFIA
Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kabar mengejutkan datang dari dunia perekonomian global. Presiden World Bank atau Bank Dunia, Jim Yong Kim secara mendadak mengumumkan pengunduran diri.

Kim bakal melepas jabatan tertinggi di Bank Dunia pada akhir Januari 2019 ini, tiga tahun lebih cepat dari berakhirnua masa jabatan.

Baca: Kota Pontianak Jadi Satu dari 5 Daerah yang Bakal Dapat Bantuan Bank Dunia Dalam Hal Ini

Baca: Jadi Daerah Rawan Banjir, Bank Dunia Bantu Pontianak Konsepkan Penataan Kota

Melalui pesan tertulis yang diterima pegawai Bank Dunia, Senin (1/7/2019), Kim mengatakan dirinya meninggalkan Bank Dunia untuk bergabung dengan perusahaan sektor swasta yang fokus pada investasi infrastruktur di negara berkembang.

"Merupakan kehormatan besar untuk melayani sebagai presiden lembaga yang luar biasa ini, penuh dengan orang-orang yang penuh semangat yang didedikasikan untuk misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam kehidupan kita," tulisnya sebagaimana dikutip The Guardian, Selasa (8/1/2019).

"Peluang untuk bergabung dengan sektor swasta ini tak diduga-duga, tapi saya telah memutuskan langkah ini bisa membuat saya berkontribusi terbesar pada isu global terutama perubahan iklim dan minimnya infrastruktur di pasar negara berkembang," jelas Kim.

Pria berusia 59 tahun ini menjabat sebagai Presiden Bank Dunia untuk dua periode sejak ditunjuk mantan Presiden AS Barrack Obama pada 2012. Masa jabatannya seharusnya berakhir pada 2022.

Baca: Pemkot Pontianak Kedatangan Tim Gabungan Bappenas, Kementerian PUPR, BNPB dan Bank Dunia

Baca: Ajak Jaga Parit dan Sumber Air, PJs Walikota Ingatkan Data Bank Dunia 2030 Akan Terjadi Krisis Air!

Kim dikenal gencar mendorong pendanaan untuk proyek-proyek energi hijau dan mendukung untuk investasi tenaga batubara.

Pengunduran diri Kim menimbulkan spekulasi terkait hubungannya dengan Presiden AS Donald Trump. Keduanya kerap berselisih pendapat soal investasi di perubahan iklim.

Namun, dua kerabat Kim mengatakan keputusan itu murni atas keinginannya, bukan diakibatkan tekanan dari Trump.

Saat ini, posisi kepimpinan lembaga pemberi pinjaman itu diisi sementara oleh Kristalina Georgieva, yang sebelumnya menjadi wakil Kim di Bank Dunia.

Trump akan mempunyai pengaruh kuat dalam pemilihan penerus Kim. Pasalnya, AS memegang saham dan suara mayoritas pada hak pemungutan suara Bank Dunia. Sejak 1946, presiden Bank Dunia selalu dipilih oleh pemerintahan negeri Paman Sam itu. (*)

 Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Alasan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Mendadak Mengundurkan Diri

Editor: Marpina Sindika Wulandari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved