Prostitusi Libatkan Artis, Ini Kata Pengamat

Sebagai orang dewasa, tentu sudah memiliki kemampuan akal yang matang untuk mempertimbangkan mana yang baik dan negatif.

Prostitusi Libatkan Artis, Ini Kata Pengamat
TribunStyle.com Kolase/Instagram @avriellia.shaqqila
Vanessa Angel & Avriellia Shaqqila 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Terungkapnya kasus prostitusi online melibatkan artis tanah air Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila dinilai Psikolog Rika Indarti dari kacamata psikologis, alasan yang membuat orang dewasa terjebak dalam prostitusi adalah lebih dari faktor internal, artinya dari diri sendiri.

Sebagai orang dewasa, tentu sudah memiliki kemampuan akal yang matang untuk mempertimbangkan mana yang baik dan negatif.

Baca: Polisi Bocorkan Domisili Pengusaha Bersama Vanessa Angel

Baca: Terlibat Prostitusi! Apakah Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila Bisa Jadi Tersangka?

Baca: Cynthia Wijaya Sebut Vanessa Angel Anak Baik, Tak Sangka Terlibat Prostitusi Online

Kematangan usia juga seharusnya diikuti dengan semakin tingginya nilai moral yang dimiliki, mana yang patut dilakukan mana yang tidak pantas dilakukan.

Jadi bila seorang dewasa terlibat dalam prostitusi, bisa jadi itu adalah hasil keputusannya sendiri untuk menentukan pilihannya dalam meghidupi dirinya.

Seorang dewasa harusnya sudah bijak dalam memilih dan menentukan pertemanan, apalagi bila kita lihat dari kasus Vanessa Angel yang seorang artis, tentu pertemanannya menjadi sangat luas, dan bukan rahasia umum bila kehidupan artis rentan terhadap hal-hal demikian, sehingga seharusnya lagi-lagi sebagai orang dewasa ia harus lebih bijak.

Para artis ini kan sebagian besar hidup terpisah dari keluarga, sehingga bila komunikasi dengan keluarga terdekat khusunya orang tua atau orang yang dituakan dalam keluarga menjadi sangat minim dilakukan.

Sehingga tidak ada lagi yg mengingatkan.

Nah disinilah peran sahabat atau teman sangat menentukan.

Bila si artis mendapatkan teman yang baik, maka artinya masih ada yang dapat mengingatkan si artis tersebut, banyak sekarang kita lihat artis-artis yang sudah hijrah ke jalan yang lebih baik juga karena dipengaruhi teman.

Namun tidak sedikit pula artis yang malah makin terpuruk akibat narkobat, porstitusi juga karena memiliki dan bergaul dilingkingan pertemanan yang salah.

Jadi, faktor internal yang paling berpengaruh adalah kita sebagai orang dewasa juga memiliki kontrol diri.

Kontrol diri termasuk nilai spiiritual dan nilai-nilai moral yang kita yakini, sehingga membantu kita dalam membentuk keputusan, selain dengan menggunakan daya nalar yang kita miliki.

Kasus Vanessa Angel ini jadikan pembelajaran, tentang pentingnya kita memiliki kontrol diri, agar terhindar dari ajakan dan pengaruh negatif dari lingkungan.

Penulis: Bella
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved