Internasional

Beredar Video WNI Disandera di Filipina Selatan, Kemlu Upayakan Pembebasan

Pemerintah terus melakukan upaya-upaya pembebasan terhadap 3 WNI yang saat ini masih disandera.

Beredar Video WNI Disandera di Filipina Selatan, Kemlu Upayakan Pembebasan
KOMPAS.com/ MOH NADLIR
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal di Kantor Kemenlu RI, Jakarta, Senin (19/3/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kementerian Luar Negeri RI membenarkan video yang beredar di Malaysia tentang seorang WNI yang disandera oleh kelompok Fillipina Selatan.

Saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum (PWNI) Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan, penyebaran video semacam itu, bukan pertama kalinya terjadi.

Baca: Salut! Bocah 6 Tahun Pertaruhkan Nyawa untuk Selamatkan Ayahnya Saat Disandera Perampok

Baca: Napi Kuasai Tiga Blok, Seorang Tahanan Wanita dan Bayinya Berusia 4 Hari Ikut Tersandera

Ia mengatakan, penyebaran video atas sandera memang sengaja dilakukan oleh kelompok itu.

"Dalam video, WNI itu yang diculik Pulau Gaya, Semporna, Malaysia, 11 September 2018. WNI dalam video diculik bersama WNI lainnya a.n. Usman Yunus," kata Iqbal dalam keterangannya, Sabtu (5/1/2019).

"Sejak penyanderaan WNI pertama kalinya tahun 2016, penyebaran video semacam ini sudah beberapa kali dilakukan oleh penyandera," sambung.

Ia menegaskan, pemerintah terus melakukan upaya-upaya pembebasan terhadap 3 WNI yang saat ini masih disandera di Filipina Selatan.

"Dengan menggunakan seluruh aset yang dimiliki di Indonesia maupun di Filipina. Dalam proses tersebut, keselamatan sandera selalu menjadi perhatian utama," tegasnya.

Diketahui sejak 2016, Kelompok yang diduga Kelompok Abu Sayyaf itu telah menyandera 36 WNI, hingga saat ini, masih ada 3 WNI yang belum dibebaskan.

"Total 36 WNI sejak 2016. Bebas 33. Masih dalam penyanderaan 3 orang," ujar Iqbal.

Dikutip dari The Star, WNI tersebut diketahui bernama Samsul Sangunim. Dalam video, ia sedang berada di dalam lubang yang baru saja digali, menangis dan meminta bantuan untuk diselamatkan. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Video WNI yang Disandera Kelompok Fillipina Selatan Beredar, Kemlu Upayakan Pembebasan

Editor: Marpina Sindika Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved