Kebakaran Hoaks

Polisi Selidiki Informasi Hoaks Kebakaran di Rasau Jaya

Kita belum tahu motif, tapi akan kita selidiki, saya sudah sampaikan Reskrim untuk selidki hal ini

Polisi Selidiki Informasi Hoaks Kebakaran di Rasau Jaya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Masyarakat beserta polisi dan pemadam kebakaran mencari lokasi kebakaran dari informasi masyarakat yang beredar di Rasau Jaya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (3/1/2019) dini hari. Informasi hoaks kebakaran yang disebar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab membuat kehebohan dan keresahan masyarakat, Kapolresta Pontianak Kombes Muhammad Anwar Nasir memastikan penyebar berita hoaks di media sosial akan ditindak dengan undang-undang ITE. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Polresta Pontianak selidiki pelaku penyebar informasi hoaks  peristiwa kebakaran yang terjadi di Pontianak dan Kubu Raya.

"Memang benar ada informasi yang masuk di group Whatsapp Pemadam Kebakaran Pontianak terkait peristiwa kebakaran di dekat SMP 3 Rasau jaya,"kata  Kapolresta Pontianak Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir, Kamis (3/1/2019).

Tak hanya itu, informasi juga masuk adanya kebakaran di sekitar pelabuhan, tapi setelah di cek oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar), kejadian itu nihil.

"Karena terkait setiap adanya informasi kebakaran, petugas Damkar selalu sangat respon dengan cepat. Sehingga tanpa pikir panjang, mereka mendatangi TKP, karena mereka untuk selain memadamkan juga mengantisipasi  peristiwa itu menjadi besar,"tambah Muhammad Anwar Nasir.

Baca: Kepala Bulog Divre Kalbar Sebut Launching KPSH untuk Stabilisasi Harga Beras

Baca: Sidang Keterangan Saksi, Isa Anshari Kesal Cornelis Tak Berani Akui dan Ungkap Isi Pidatonya

Muhammad Anwar Nasir mengapresiasi pada petugas Damkar di Pontianak, terlebih saat mendatangi ke TKP, padahal di ketahui kawasan Rasau Jaya dari Pontianak itu cukup jauh.

"Tapi, saya sangat menyayangkan adanya pemberi informasi hoaks. Kita belum tahu motif, tapi akan kita selidiki, saya sudah sampaikan Reskrim untuk selidki hal ini," tambah Muhammad Anwar Nasir.

Pada kesempatan yang sama, Anwar Nasir juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak main-main atau iseng dalam memberikan informasi kebakaran

Terkait informasi hoaks kebakaran di Rasau Jaya, ada pihak Damkar akan membuat laporan, nantinya akan di jerat UU RI No 11 tahun 2008 pasal 28 ayat 1 tentang ITE dengan sanksi pidana 6 tahun penjara dan denda Rp 6 mliar.

Baca: Sepeda Motor Rusak Usai Tertimpa Tangki Air 3000 Liter Yang Jatuh dari Truk

"Karena pihak Damkar juga ada kerugian materil, karena sudah mendatangi TKP dan apalagi ada kendaraan Damkar yang bocor saat perjalanan menuju ke lokasi, maka kita berkomitmen untuk melakukan penyelidikan ini,"tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved