Persiapan Federasi Olahraga Barongsai Kalbar Menuju Kancah Internasional

Sugioto (49) biasa dipanggil Rico selaku Ketua Fobi Kalbrar menceritakan persiapan Fobi terkait lomba yang akan diselenggarakan di Serawak Malaysia

Persiapan Federasi Olahraga Barongsai Kalbar Menuju Kancah Internasional
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Grup Barongsai Perdamaian melakukan atraksi permainan barongsai di Gedung Perbasi, Jalan AR Hakim, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (21/1/2018) siang. Pertandingan barongsai Vois Lion Sport Sinar Surya Cup 2018 yang pertama kali digelar ini sekaligus meresmikan pembentukan pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kalbar yang diketuai oleh Sugioto. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Anggita Putri

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Sugioto (49) biasa dipanggil Rico selaku Ketua Fobi Kalbrar menceritakan persiapan Fobi terkait lomba yang akan diselenggarakan di Serawak Malaysia.

Ssaat ditemui di Yayasan Pemadam Kebakaran Khatukistiwa (YPKK) di Jl Purnama, Komplek Purnama Agung VI No. 3, Kota Pontianak, Rabu (2/01/2018).

Selaku ketua Fobi Kalbar, Riko menceritakan Persiapan yang dilakukan oleh Pemprov Fobi Kalbar untuk mengirim satu team ke International sudah dilakukan semenjak pulang dari Kejurnas Padang sampai sekarang sudah terhitung satu bulan lamanya.

Baca: Mobil Tabrak Empat Sepeda Motor, Seorang Guru Meninggal di Tempat

Baca: Masyarakat Apresiasi Tindakan Bupati Sintang Sidak ke Sejumlah Kantor Pemerintahan

Semua persiapan sudah mereka lakukan karena menyangkut membawa nama bangsa dan negara khususnya daerah Kalbar yang akan mewakili Indonesia pada kompetensi Barongsai International yang akan diselenggarakan di Serawak, Malaysia.

"Kita sudah betul-betul mantap untuk meraih juara disana dan kita upayakan semaksimal mungkin untuk mengibarkan bendera merah putih di Serawak, Malaysia," Ujar Rico kepada Tribun Pontianak.

Rico mengatakan sebenarnya Fobi Kalbar tidak dipilih Indonesia namun karena Fobi Kalbar sudah pernah di undang satu kali ke Malaysia yaitu ke Bintulu dan mendapat juara 3.

Jadi eksistensi Fobi Kalbar dengan negara tetangga yaitu Malaysia sudah terjalin dengan baik.

Oleh sebab itu dengan adanya kompetisi yang diadakan oleh Malaysia, mereka kembali diundang lagi untuk mewakili Indonesia khususnya Kalbar untuk menghadiri pesta olahraga pada kompetensi Barongsai International yang di selenggarakan di Malaysia.

Kompetitornya juga datang dari berbagai negara yaitu China, Singapur, Malaysia, Indonesia, kurang lebih 5 sampai 6 negara untuk mengikuti kompetensi Barongsai di Serawak, Malaysia.

"Untuk kejuaraan biasanya kalau sudah pernah menjalin hubungan dengan mereka setiap ada event pihak mereka selalu mengundang untuk hadir disana dan meramaikan acaranya. Begitu juga sebalinya jika kita yg mengadakan event kita undang mereka untuk hadir di negara kita" Ujar Rico kembali.

Rico mengatakan targetnya jika sudah masuk ke ranah pertandingan satu-satunya yang di inginkan adalah menjadi juara pertama
Oleh sebab itu mereka akan berupaya untuk mengibarkan bendera merah putih di negara Serawak, Malaysia.

Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved