Pileg 2019

Lantik 14 PPK, KPU Minta Jaga Netralitas 

Tidak mudah. Untuk itu, kami berpesana gar mereka betul-betul melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya

Lantik 14 PPK, KPU Minta Jaga Netralitas 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau melantik 14 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Mess Pemda, Jl. Merdeka Barat, Rabu (2/1). KPU meminta anggota PPK untuk menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pemilu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau melantik 14 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Mess Pemda, Jl. Merdeka Barat, Rabu (2/1). KPU meminta anggota PPK untuk menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Drianus Saban menuturkan, pelantikan PPK itu dilakukan untuk pemilu 2019. Ia berharap, dengan dilantiknya anggota PPK bisa menjadi kekuatan penyelenggaraan pemilu 2019.

“Anggota PPK yang dilantik hari ini telah melewati proses yang panjang. Tidak mudah. Untuk itu, kami berpesana gar mereka betul-betul melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Saban.

Apalagi, kata Saban, pemilu yang digelar April mendatang dilaksanakan secara serentak. Ia meminta anggota PPK yang baru dilantik itu turut mengawal tahapan penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK).

“Kemudian masa kampanye, masa tenang. Paling krusial pemungutan dan penghitungan suara. Oleh karena itu, kesiapan pemilu harus benar-benar dilakukan,” ucapnya.

Baca: Mobil Tabrak Empat Sepeda Motor, Seorang Guru Meninggal di Tempat

Baca: Herman Hofi: OPD Jangan Sampai Telat Laksanakan Program APBD

Saban juga meminta agar anggota PPK menjaga integritas dan netralitas. Bahkan, ia mengingatkan agar anggota PPK mengurangi interaksi dengan partai politik maupun tim sukses. Hal ini juga sebagai wujud untuk memberikan rasa keadilan terhadap peserta pemilu.

“Lakukan segalanya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Lakukan koordinasi dan solid,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau, Nur Soleh meminta agar anggota PPK bisa bekerja sama dan berkoordinasi dengan Panwaslu Kecamatan. Sebab, Panwaslu Kecamatan merupakan mitra dari PPK.

“PPK juga diawasi, untuk itu bekerja sesuai koridor. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tak diinginkan,” kata Nur Soleh.

Soleh mengatakan, pihaknya telah membuat rekomendasi kepada KPU terhadap oknum KPPS yang diduga melakukan pelanggaran. Bahkan, kata dia, ada KPPS yang dinilai tidak netral. Untuk itu, ia meminta agar PPK bisa bekerja dengan sebaik-baiknya dan menjadikan kejadian yang ada sebagai pembelajaran.

“Amanah ini harus dijaga dengan betul. Harapan kami, komunikasi dan menjalin kerjasama dengan Panwascam. Tetap jaga independensi dalam penyelenggaraan pemilu,” pungkasnya. (gam) 

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved