Kehadiran Tommy Soeharto di Kalbar, Pengamat: Mempercantik Wajah Parpol

Jika kedatangannya dapat memompa semangat para pengurus, kader dan caleg partai Berkarya supaya lebih optimis dan percaya diri maka ada benarnya.

Kehadiran Tommy Soeharto di Kalbar, Pengamat: Mempercantik Wajah Parpol
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Pengamat Politik Untan Ireng Maulana menilai perolehan suara partai golkar 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Kalbar Ireng Maulana, MA mengatakan tidak ada yg istimewa dengan kedatangan Tommy Soeharto ke Kalimantan Barat, aktifitasnya bernilai sama seperti kunjungan Ketum parpol lainnya ke daerah.

Jika kedatangannya dapat memompa semangat para pengurus, kader dan caleg partai Berkarya supaya lebih optimis dan percaya diri maka ada benarnya.

Namun terkait perkara popularitas apalagi elektabilitas partai Berkarya sendiri mungkin tidak akan berdampak signifikan, karena kedua variabel tadi amat sangat dipengaruhi oleh kerja politik dari pengurus dan kader di daerah.

Kita tahu bahwa kerja politik selalunya terencana, terpola, tersusun dalam durasi kerja serta memiliki target.

Baca: Cegah Hal Negatif di Malam Pergantian Tahun, Paskas Mempawah Gelar Khataman Quran 30 Juz

Baca: Nilai BPBD Belum Maksimal Tangani Banjir, Sutarmidji: Pak Nyarong Jangan Tidur

Baca: Petaka di Malam Tahun Baru, Satu Warga Landak Meregang Nyawa Alami Laka Lantas

Sehingga kunjungan seorang tokoh partai ke daerah barangkali hanya kegiatan berdurasi cepat untuk mempercantik wajah parpol sesaat.

Sedangkan kerja politik terus berjalan dengan atau tanpa kedatangan petinggi partai di daerah.

Kita juga tidak melihat jika Tommy Soeharto memiliki magnet personal yang mampu menarik minat publik di luar Jawa, misalkan di Kalimantan Barat.

Memori publik di Kalbar tidak kaya akan profile sang Ketua umum Partai Berkarya, selain hanya mengenal Ia adalah anak dari presiden ke-2 RI. Kedekatan emosional publik Kalbar terhadap Tommy amat renggang karena karya dan baktinya bagi daerah ini sulit ditemukan.

Jadi tidak mudah mengkondisikan figur sang Ketum yang tujuannya untuk menarik minat dan perhatian publik pemilih Kalbar bagi keuntungan elektoral partai Berkarya di Kalimantan Barat.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved