Pj Sekda Kalbar Diminta Siapkan Open Bidding Oleh Gubernur, Ini Pesan Pimpinan DPRD Kalbar

“Sekda harus mempunyai hubungan sangat akrab dan erat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Kalbar.

Pj Sekda Kalbar Diminta Siapkan Open Bidding Oleh Gubernur, Ini Pesan Pimpinan DPRD Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIZKY PRABOWO RAHINO
Wakil Ketua DPRD Kalbar, H Suriansyah saat diwawancarai usai rapat paripurna di Aula Balairung Sari Gedung DPRD Kalbar, Kamis (25/10/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Syarif Kamaruzaman resmi emban amanah sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kalbar.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Barat dilakukan langsung oleh Gubernur, H Sutarmidji di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Senin (31/12/2018).

Acara seremonial ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kalbar. 

Baca: BREAKING NEWS - Beredar Video Detik-detik 2 Mobil Diduga Adu Banteng di Ayani, Satu Terguling

Baca: Gereja Santa Maria jadi Tuan Rumah Natal Bersama se-Paroki

Baca: Selama 2018, Ini Dua Kasus Yang Menonjol di Sambas

Sebelumnya, Syarif Kamaruzaman menjabat Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kalbar. Ia ditunjuk oleh Penjabat Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji kala itu saat Sekda definitif yakni M Zeet Hamdy Assovie menjalani cuti sebelum Sutarmidji dan Ria Norsan dilantik sebagai Gubernur Kalbar-Wakil Gubernur Kalbar pada 5 September 2018 lalu.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalbar, Ir H Suriansyah berharap Pj Sekda Kalbar yang baru dilantik bisa bekerjasama dengan DPRD secara baik. Sebab, Sekda punya kapasitas sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD).

“Sekda harus mempunyai hubungan sangat akrab dan erat dengan Badan Anggaran  (Banggar) DPRD Provinsi Kalbar. Oleh karena itu, kami mengharapkan kerjasama yang baik dari beliau dalam memimpin TPAD dan penyusunan anggaran tahun berikutnya,” ungkapnya saat dihubungi Tribun Pontianak via seluler, Senin (31/12/2018) malam.

Baca: Selama 2018 Kejari Sintang Tangani 531 Perkara Pidana Umum, Narkoba dan Cabul Tertinggi

Politisi Gerindra yang sedang ikut kegiatan di Sabah Malaysia Timur ini juga berharap agar proses open bidding atau lelang jabatan nantinya terlaksana sejujur dan senetral mungkin.

“Sehingga akan diperoleh Sekda yang benar-benar definitif dan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Karena Sekda merupakan pimpinan birokrasi tertinggi di Kalbar. Yang diangkat sekarang kan hanya Pj Sekda dan tidak lama masa jabatannya,” imbuhnya.

Ia berharap Sekda Kalbar definitif yang terpilih nantinya adalah Sekda berkualitas dan mempunyai rekam jejak baik. Sekda yang mampu memimpin birokrasi.

“Open bidding Sekda Kalbar ke depan harus benar-benar terbuka agar memberikan kesempatan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memenuhi syarat untuk ikut seleksi jabatan tersebut,” pintanya.

Tidak hanya terhadap jabatan Sekda Kalbar, hal yang sama juga harus dilakukan terhadap open bidding pucuk-pucuk pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kalbar.

“Harusnya memang dilakukan secara profesional, independen dan terbuka agar menghasilkan pejabat yang memang punya kualitas yang baik dari berbagai macam latar belakang tentunya,” katanya.

Ia berpesan kepada eksekutif untuk tidak menempatkan ASN pada posisi pucuk-pucuk OPD tertentu berdasarkan pertimbangan suka atau tidak suka. Pasalnya, jabatan pimpinan memiliki peranan sangat penting dalam upaya mencapai keberhasilan target-target pembangunan yang ada di Kalbar.

“Semisal posisi Sekda. Itu akan menjadi komunikator yang baik untuk Gubernur dan Wakil Gubernur. Begitu juga kepala-kepala OPD itu membantu implementasi program. Jadi, harus dilakukan berdasarkan standar pemilihan yang benar. Tidak berdasarkan like or dislike. Tidak berdasarkan emosional semata,” tandasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved