Gudeb Patih Gumantar-Dara Irang Pangkalan SMPN 1 Mempawah Hilir Gelar Bhakti Sosial

Ia menilai kegiatan sosial ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga kurang mampu

Gudeb Patih Gumantar-Dara Irang Pangkalan SMPN 1 Mempawah Hilir Gelar Bhakti Sosial
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Pelepasan Rombongan Bhakti Sosial Video Patih Gumantar - Dara Irang, Sabtu (22/12/2018).    

Laporan wartawan Tribun Pontianak, Ferryanto

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Anggota Pramuka tingkat penegak gugus depan (Gudep) 01.001-01.002 Patih Gumantar-Dara Irang (Pandar) pangkalan SMP Negeri 1 Mempawah Hilir, menggelar bakti sosial di enam titik lokasi yang tersebar di Kecamatan Mempawah Timur dan Mempawah Hilir. 

Kegiatan Baksos Peduli Insan ini, Rombongan dilepas langsung oleh Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Mempawah Hilir, H. Gusti Yudi Arianto, di Halaman SMPN 1 Mempawah Hilir. Sabtu (22/12/2018).

Baca: Hadiri Pelantikan Ketua dan Pengurus DAD Ngabang, Ini Pesan Cornelis

“Selaku Ketua Kwarran, saya bangga dan menyambut baik baksos Lisan Jilid III yang dilaksanakan adik-adik di Gudep Pandar. Apa yang mereka lakukan ini merupakan wujud nyata kiprah Gerakan Pramuka khususnya Gudep Pandar melaksanakan nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Mudah-mudahan baksos ini dapat menjadi ladang amal kita dan dapat diikuti gudep-gudep lainnya,”tutur Gusti Yudi Arianto.

Selanjutnya, Pembina Satuan di Gudep Pandar, Max Sosiajaya, mengatakan baksos Lisan ini merupakan wujud eksistensi Gerakan Pramuka yang senantiasa mendekatkan diri dengan masyarakat. Melalui kegiatan ini, ia berharap masyarakat merasakan kehadiran pramuka di tengah mereka.

“Pramuka memiliki banyak manfaat. Ada pendidikan karakter bangsa didalamnya. Wujud kepedulian kepada masyarakat ini merupakan salahsatu bagian dari Gerakan Pramuka. Ini tertuang jelas dalam poin kedua Tri Satya yakni menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,” ungkap Gusti Yudi Arianto.

Baca: Peringati Hari Ibu, Srikandi DPD Hanura Kalbar Bagikan Bunga di Taman Digulis Untan

Apada bakti sosial ini, Pihaknya menyerahkanb berbagai bantuan.

Max menjelaskan, pihaknya menyiapkan sembako, pihaknya juga akan memberikan bahan materil bangunan untuk pembangunan dan rehabilitasi WC di dua titik rumah warga tak mampu di Kabupaten Mempawah.

Terkait sumber dana, selain dari anggota Gudep Pandar juga ada donatur lain. Tak hanya dari Kabupaten Mempawah tetapi hingga Kabupaten Kubu Raya.

"Kita bersyukur kegiatan ini mendapat dukungan yang luar biasa dari banyak pihak termasuk Ketua Kwarcab Mempawah, Ketua Mabigus Pandar dan dewan guru yang ada di SMPN 1 Mempawah Hilir,” ucapnya. 

Lalu, Sri Ratnaningsih, selaku guru dan juga pembina pramuka di Gudep Pandar SMPN 1 Mempawah Hilir, memberikan apresiasi dan dukungan atas kegiatan pramula peduli dalam tajuk Peduli Insan Jilid III. Ia menilai kegiatan sosial ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga kurang mampu.

"Kegiatan positif ini tentu harus kita support, karena menjadi ajang adik-adik di Gudep Pandar untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat kurang mampu. Semoga kedepannya kegiatan ini semakin ditingkatkan dan lebih banyak lagi masyarakat yang menerima manfaat," pungkasnya.

Penulis: Ferryanto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved