Dinkes Ketapang Persiapkan Stok Vaksin Anti Rabies

Lebih lanjut, Dinkes Ketapang juga telah melakukan penyuluhan-penyuluhan yang dilaksanakan oleh Puskesmas ke Masyarakat yang endemis

Dinkes Ketapang Persiapkan Stok Vaksin Anti Rabies
Net
Ilustrasi rabies 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, melalui Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Drg. Basaria Rajagukguk menegaskan bahwa stok Vaksin Anti Rabies (VAR) di tempatnya saat ini telah mencukupi.

"Stok vaksin sampai saat ini masih ready di Dinkes, bila di Puskesmas habis bisa minta sesuai prosedur nantinya," sebut Basaria saat di konfirmasi, Jumat (21/12/2018)

Baca: PKBI bersama KPPAD Serahkan Bantuan ke LP Kelas II B Ketapang

Baca: Ketapang Berstatus KLB Rabies, Banyak Ditemukan Hewan Penular Rabies

Ia juga menegaskan bahwa semua kasus gigitan anjing yang dilaporkan ke pihaknya sudah diberikan vaksin VAR, atau penanganan cepat sebelum diberi VAR dengan pembersihan luka dengan antiseptik atau sabun menggunakan air mengalir.

Lebih lanjut, Dinkes Ketapang juga telah melakukan penyuluhan-penyuluhan yang dilaksanakan oleh Puskesmas ke Masyarakat yang endemis gigitan anjing.

"Dan untuk kasus yang positif rabies, pada gigitan baru pasien akan diberikan SAR (Serum Anti Rabies) dan itupun selama persediaan masih tersedia. Karena untuk SAR sendiri mesti dikirim dulu dari Provinsi," ujarnya.

Basaria juga mengingatkan bahwa selain korban gigitan, yang berkontak dengan penderita gigitan tersebut juga mesti di VAR.

"Jadi misalkan orangtua ataupun tetangga yang pernah melakukan kontak dengan si pasien setelah digigit itu mesti kita VAR juga. Dikhawatirkan jika tidak di VAR akan menular," terang Basaria.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved