Target 18900 Sertifikat Tercapai, BPN Sintang Minta Warga Siapkan Lahan untuk 2019

Kenapa hanya 13650 yang kita terbitkan, karena di lapangan ada kawasan yang sudah muncul sertifikat lama tapi datanya belum terinput.

Target 18900 Sertifikat Tercapai, BPN Sintang Minta Warga Siapkan Lahan untuk 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Bupati Sintang Jarot Winarno dan Kepala BPN Sintang Junaedi menyerahkan sertifikat tanah bagi masyarakat di Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu.  

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sintang, Junaedi menyampaikan bahwa target sertifikat tanah sebanyak 18900 yang terbagi menjadi PTSL sebanyak 13650 sertifikat dan redistribusi tanah 5250 sertifikat telah tercapai. 

Untuk kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dilakukan di 21 desa yang ada di empat kecamatan, sedangkan untuk kegiatan redistribusi tanah dilakukan di 15 desa yang bukan termasuk tempat kegiatan PTSL. 

Baca: Bupati AM Nasir Serahkan DIPA Anggaran 2019 ke Satker Wilayah Kapuas Hulu

Khusus PTSL sendiri, sebenarnya target pengukuran keseluruhan ialah 15200. Namun yang dilakukan penerbitan sertifikat hanya sebanyak 13650, sedangkan sisanya hanya dilakukan pengukuran bidang. 

"Kenapa hanya 13650 yang kita terbitkan, karena di lapangan ada kawasan yang sudah muncul sertifikat lama tapi datanya belum terinput. Itu hanya dilakukan pengukuran bidang saja yang boleh dibayar oleh negara," kata Junaedi. 

Kemudian, redistribusi tanah yang merupakan pembagian tanah-tanah yang dikuasai oleh negara dan telah ditegaskan menjadi objek landreform yang diberikan kepada para petani penggarap yang telah memenuhi syarat. 

Baca: Diduga Dibunuh, Warga Kapuas Hulu Tewas Dengan Luka Gorok di Leher, Polisi Buru Pelaku

Baca: Pertamina Siapkan 187 Ribu Tabung Gas 3 Kilogram untuk Operasi Pasar di Seluruh Kalbar

"Untuk redistribusi tanah juga sudah 100 persen, artinya 5250 sertifikat sudah kita selesaikan. Rencana seluruh sertifikat diterbitkan sebanyak 18900 akan kita serahkan bersama Pak Bupati di Januari atau Februari 2019," katanya. 

Sebelumnya memang ada informasi bahwa sertifikat tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi. Namun karena berhalangan, maka akan diserahkan Kepala Kantor Wilayah BPN Kalbar dan Bupati Sintang Jarot Winarno. 

Oleh karena itu saya berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang agar menyiapkan lahan untuk PTSL ataupun redistribusi di tahun 2019. Karena target di 2019 mendatang kemungkinan besar akan bertambah lagi. 

Baca: Hanya Raih Satu Medali Emas Porprov Inkanas Tetap Optimis Sumbang Atlet ke Pra PON

"Sesuai nawacita Pak Presiden, secara berkala dari tahun ke tahun bertambah, sampai dengan tahun 2025 semoga semua bidang tanah di Indonesia bisa terpetakan dan masyarakat dapat memperoleh sertifikat," katanya.

Halaman
12
Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved