Kepemilikan Sertifikat Tanah, Dewan Nilai Akan Masyarakat Lebih Tenang

Ketua Komisi C DPRD Sintang, Heri Maturida menilai bahwa program sertifikasi tanah mengobati kerinduan masyarakat

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Heri Maturida 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Ketua Komisi C DPRD Sintang, Heri Maturida menilai bahwa program sertifikasi tanah mengobati kerinduan masyarakat dari sejak dulu untuk pengakuan atas haknya, dimana pembiayaan secara langsung dibiayai oleh negara.

"Mungkin dulu mereka mengurus tanah pribadi tidak mampu karena terkendala biaya terlampau mahal. Dengan adanya program ini, masyarakat lebih peka ketika ada tanah ingin disertifikatkan," ujarnya, Kamis (20/12/2018) pagi.

Meskipun demikian, Heri berharap agar program sertifikat tanah bagi masyarakat ini dapat terus diperhatikan. Jangan sampai ada persoalan di lapangan yang membuat tujuan pemerintah pusat akan program ini tidak tercapai.

Baca: 4 Point Visi-Misi Bupati-Wakil Bupati Kayong Utara

Selain itu, kepemilikan sertifikat tanah juga akan berdampak secara psikologis. Sebab masyarakat lebih tenang karena adanya pengakuan secara yuridis atas tanahnya. Sehingga masyarakat tidak ragu untuk bertani dan membangun rumah.

"Bahkan kepemilikan sertifikat ini, meningkatkan perekonomian juga bisa. Intinya kita harapkan program ini terus berjalan dengan baik. Untuk titik-titik pelaksanaannya pun, cari lagi daerah yang selama ini belum terjangkau," tutupnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved