Belum Ada PTS Kalbar Masuk Kategori Akreditasi Unggul

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof DR Udiansyah mengakui hingga kini belum ada PTS kategori akreditasi unggul di Kalbar.

Belum Ada PTS Kalbar Masuk Kategori Akreditasi Unggul
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIZKY PRABOWO RAHINO
Gubernur Kalbar H Sutarmidji berfoto bersama dengan Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof DR Udiansyah dan 44 orang pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kalbar usai audiensi di Ruang Praja I, Kantor Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani 1, Kota Pontianak, Selasa (18/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan gelar audiensi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat di Ruang Praja I, Kantor Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani 1, Kota Pontianak, Selasa (18/12/2018).

Setidaknya, ada 44 orang pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kalbar hadiri dampingi Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof DR Udiansyah.  

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof DR Udiansyah mengakui hingga kini belum ada PTS kategori akreditasi unggul di Kalbar.

Baca: Tak Hanya Restoran dan Rumah Makan, Disperindagnaker Mempawah Konsep Imbauan PNS Tak Gunakan LPG 3Kg

Baca: Pangdam XII/Tpr Tutup Hari Infantri ke 73 Tahun 2018 di Desa Sempatung

“Dari 44 PTS yang beroperasional tidak ada yang punya akreditasi itu,” ujarnya.

Sebagai upaya tingkatkan akreditasi, terang dia, diperlukan penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) berkompeten. Dari total 3.555 dosen yang ada di Perguruan Tinggi di Pulau Kalimantan belum ada yang punya akreditas cukup baik.

“Melalui audiensi ini, LLDIKTI memfasilitasi antara pihak PTS dan Pemprov Kalbar dapat bekerjasama secara baik,” imbuhnya.

Ia tidak menampik Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalbar terbilang rendah. Saat ini, posisi Kalbar berada di peringkat 29 dari 34 provinsi se-Indonesia. Menurut dia, upaya peningkatan IPM Kalbar dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas perguruan tinggi.

“Kami berharap ada solusi yang baik untuk perguruan tinggi swasta maupun negeri, khususnya di Kalbar ke depan,” tukasnya.

Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mendorong setiap kabupaten/kota di Kalbar memiliki perguruan tinggi ke depan. Hal ini guna meningkatkan IPM Kalbar yang jauh tertinggal dengan provinsi lain yang ada di Pulau Kalimantan.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved