Pilpres 2019

Ketum Nasdem Klaim Gubernur Jawa Timur Soekarwo Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengklaim bahwa Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo mendukung Joko Widodo pada

Ketum Nasdem Klaim Gubernur Jawa Timur Soekarwo Dukung Jokowi di Pilpres 2019
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
DEMOKRAT JATIM - Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Timur, Soekarwo berorasi usai dilantik oleh Sekjen DPP PD Hinca Panjaitan di Gedung JX International, Minggu (8/1). 

Ketum Nasdem Klaim Gubernur Jawa Timur Soekarwo Dukung Jokowi di Pilpres 2019

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SURABAYA - Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengklaim bahwa Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo mendukung Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019.

"Pakde Karwo bahkan sudah bikin pernyataan dukung Jokowi," ujar Paloh ditemui usai memberikan motivasi kepada ratusan caleg perempuan di Kantor Bappilu DPW NasDem Jatim di Surabaya, Sabtu (15/12/2018), seperti dikutip Antara.

Paloh menilai, wajar jika selama ini Pakde Karwo belum pernah menyatakan ke publik secara langsung tentang pasangan calon Presiden yang didukungnya. 

Baca: Setelah SBY Gusar, Agus Harimurti Yudhoyono Mengutuk dan Investigasi Perusakan Atribut Demokrat

Baca: Video Detik-Detik SBY Periksa Baliho Demokrat Yang Dirusak Di Antara Bendera Golkar dan PSI

Baca: Bendera dan Spanduk Demokrat Dirusak, SBY Singgung Presiden Jokowi, Ini Menyayat Hati

Kendati demikian, Paloh mengaku sudah bertemu saat Rakernas beberapa waktu lalu, bahkan telah menargetkan suara sangat besar, yaitu 70 persen untuk pasangan nomor urut 01 di Pemilihan Presiden 17 April tahun depan.

"Waktu itu saya bertemu Pakde, dan bilang ke beliau kalau kita berteman lebih dari 40 tahun sejak muda sampai tua maka saya percaya," ucap pendiri Partai NasDem tersebut.

Sementara itu, Pakde Karwo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat sudah sejak lama dikabarkan mendukung Jokowi pada pilpres mendatang.

Namun, isu itu selalu dibantahnya dan menegaskan fokus menjadi Gubernur Jatim hingga akhir masa jabatan 12 Februari 2019.

Namun, sejumlah orang dekat Pakde Karwo yang tergabung dalam Komunitas Pakde Karwo Jawa Timur secara terang-terangan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Pada Oktober 2018 telah diresmikan Rumah Jokowi-Karwo (Rumah Jo-wo) di Jalan Jawa 20 Surabaya yang dipimpin langsung oleh mantan ketua tim sukses Soekarwo di Pemilihan Gubernur Jatim, Martono.

"Saya hadir di sini sekaligus mewakili Pakde Karwo. Komunikasi awalnya hingga terbentuk Rumah Jo-Wo ini, kami timnya Pakde Karwo dari kabupaten kota se-Jatim sudah berkumpul untuk mengarahkan dukungan ke Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," ujar Martono usai meresmikan Rumah Jo-Wo, beberapa waktu lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Surya Paloh Klaim Soekarwo Dukung Jokowi"

Editor: Rihard Nelson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved