Breaking News:

Citizen Reporter

Persiapan Akreditasi IAIN Pontianak, Inilah Tim Asesor yang Menilai

Angka Akreditasi menjadi bukti bahwa, kegiatan Pendidikan dan pengajaran sesuai dengan standar minimum mutu

Penulis: Ramadhan | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Pelaksanaan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) IAIN Pontianak, di audit Syech Abdul Rani Mahmud, IAIN Pontianak, Senin (10/12/2018). 

Citizen Reporter

Jurasan PAI IAIN Pontianak, Agustina

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka menyusekseskan kegiatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) IAIN Pontianak menjalani review Akreditasi selama dua hari di audit Syech Abdul Rani Mahmud, IAIN Pontianak, Senin (10/12/2018).

Tim Asesor terdiri dari Dr. Akhmad Rifa'i (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga), prof. Dr. Soesanto, M. Pd (Universitas Negeri Semarang), Dr. Sugeng listyo prabowo M. Ag (Universitas Islam Negri Malik Ibrahahim)
Insitut Agama Islam Negeri merupakan kampus Islam negeri satu-satunya yang ada di kalimatan barat.

Sebagaimana diketahui, akreditasi ialah tuntutan wajib dari pemerintah kepada peguruan tinggi.

Baca: Hermanus Nilai DAD harus Jadi Mitra Kerja Pemerintah

Tuntutan ini telah diatur Undang-Undang NO. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 61.

Dengan Akreditasi ini, menjadi upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembanga yang indenpenden yang diberi kewenangan Pendidikan tinggi yaitu bahwa kegiatan prestasi belajar.

RektOr IAIN Pontianak, Dr Syarif, S.Ag, M.A mengatakan Akreditasi merupakan salah satu cara menuju mutu perguruan tinggi dengan standar tertentu. Persiapan Akreditasi Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, senin-selasa (10/12/2018).

Baca: Viral Video Kekerasan di SMKN 4, Ternyata Sekolah Ini Punya Prestasi Provinsi hingga Internasional

"Angka Akreditasi menjadi bukti bahwa, kegiatan Pendidikan dan pengajaran sesuai dengan standar minimum mutu," ujar Syarif.

Syarif menjelaskan bahwa melalui evaluasi tersebut, dapat diketahui mutu tidaknya perguruan tinggi dilihat dari komponen tertentu seperti: layanan, kerjasama, manajemen, sumber daya manusianya, anggaran, Gedung-gedung/ruangan-ruangan dan sarana prasaran.

"Akreditasi merupakan kebutuhan menuju mutu tertentu mutu harus diukur dengan standar tertentu yang berlaku baik secara nasional maupun internasional. Dan mutu, kepercayaan dan pengembangan terus menerus. Untuk setiap perguruan tinggi perlu mengajukan Akreditas untuk mengetahui mutu kinerja yang ditinjau dari berbagai aspek," imbuhnya.

Syarif menegaskan akreditas merupakan hal yang sangat penting didalam meningkatkan mutu Perguruan tinggi dengan mengajukan Akreditasi.

"Harapan kedepannya Insitut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak dapat menyelenggarakan Pendidikan tinggi yang Ulung dalam kajian keilmuan keislaman dan kebudayaan borneo," ucapnya.

Syarif juga berharap, dengan akreditasi ini dapat membentuk akademisi yang berakhlak mulia, mandiri, dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan. mengembangkan kajian keilmuan, keislaman dan kebudayaan Borneo dengan basis riset.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved