Pendataan Pemilih Pindah Memilih Guna Pastikan Sebaran Surat Suara

Kemudian karena keadaan tertentu yang bersangkutan tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS dimana terdaftar diasalnya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan saat menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para peserta yang menang smart competition election. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan menerangkan, pendataan untuk pemilih tambahan maupun pemilih yang mendapat formulir A5 guna memastikan logistik pemilu dalam hal ini surat suara.

"Ini menyangkut dengan ketersedian surat suara, Maka dari itu, dengan direkap dari awal karena berkaitan dengan cadangan surat suara 2 persen akan menyebar di TPS berpotensi DPTB bisa difasilitasi menggunakan hak pilih," ujarnya, Kamis (13/12/2018).

Baca: KPU Imbau Pemilih Beda Domisili Lapor Sebulan Sebelum Memilih

Baca: Ciptakan Pemilu 2019 Sejuk Aman Damai, Polsek Ngabang Rakor Lintas Sektoral

Diterangkan Ramdan, DPTB seperti yang disampaikan syaratnya harus terdaftar dalam DPT.

Kemudian karena keadaan tertentu yang bersangkutan tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS dimana terdaftar diasalnya

Menurutnya, hal ini diatur dalam PKPU nomor 11 tahun 2018 dipasal 36 tentang pemilih tambahan, ada delapan syarat yang satu diantaranya ialah menjalankan tugas belajar pendidikan menengah atau perguruan tinggi yang umumnya banyak berasal dari daerah yang belajar di ibu kota.

"Tentunya harus terdaftar ditempat asalnya dulu, nanti walaupun di 17 April libur yang hanya satu hari, maka mereka tidak bisa bolak-balik dan hendak menggunakan hak pilih di Kota Pontianak maka mengurus formulir A5," katanya.

"Caranya melapor ke TPS dimana terdaftar, jika ditempat asal tidak bisa maka bisa melapor ke KPU tujuan mulai dari sekarang hingga dengan sebulan sebelum memilih tanggal 17 maret 2019 karena akan direkap ditingkat provinsi dan nasional," tutup Ramdan. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved