Dampak Negatif Teknologi Bagi Anak Usia Dini

Walid menilai dampak teknologi yang semakin berkembang ini, orang tua harus mengawasi kegiatan anak dalam menggunakan teknologi.

Penulis: Ramadhan | Editor: Dhita Mutiasari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Mahasiswa IAIN Pontianak, Walid Akram 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak David Nurfianto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Mahasiswa IAIN Pontianak, Walid Akram mengatakan bahwa teknologi sangat berdampak bagi anak usia dini.

"Seperti yang kita ketahui teknologi saat ini sangatlah canggih, teknologi ini sangatlah berpengaruh bagi anak-anak, mungkin tanpa kita sadari bahwa anak-anak sekarang sangat bergantung pada teknologi seperti leptop, android, tablet dan sebagainya," ujar Walid kepada Tribun, Rabu (12/12/2018).

Baca: IPDA Sudarsono Pimpin Pelaksanaan Binlat Calon Peserta SIP

Baca: Membangun Karakter Muslim Akan Pentingnya Kesehatan

Walid menilai dampak teknologi yang semakin berkembang ini, orang tua harus mengawasi kegiatan anak dalam menggunakan teknologi.

"Adapun dampak negatif dari hal ini adalah kurangnya hubungan antara anak yang satu dengan anak yang lainnya menjadi lemah karena anak-anak kurang berkomunikasi ketika mereka menggunakan teknologi seperti handphone (HP)," imbuhnya.

Walid menjelaskan seperti yang diketahui jika anak telah tercandu dengan teknologi maka mereka akan susah untuk melepaskan diri dari hal tersebut.

"Jadi bagaimana cara menyikapi hal tersebut? Kita sebagai orang tua harus mengganti cara bermain seorang anak dalam menyikapi teknologi seperti mengajarkannya mengenal huruf, menghitung, menulis, dan menggambar dengan menggunakan tablet atau leptop," tegasnya.

Walid berpesan bahwa orang tua harus mengawasi kegiatan anak dalam menggunakan teknologi.

"Jika anak salah dalam menggunakan teknologi maka resikonya sangat besar bagi tumbuh kembang anak" pungkas Walid.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved