Citizen Reporter

Jangan Biarkan Buang Sampah Sembarangan Jadi Kebiasaan

Juwita menegaskan jangan biarkan kebiasaan buruk mendarah daging ditubuh kita, biasakan lah hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jangan Biarkan Buang Sampah Sembarangan Jadi Kebiasaan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Juwita, Mahasiswa IAIN Pontianak. 

Citizen Reporter

Juwita

Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Pontianak.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kata “SAMPAH” sudah tak asing lagi ditelinga kita. Sampah merupakan material sisa yang sudah tidak digunakan lagi.

"Kita sering melihat manusia secara sadar membuang sampah sembarangan dan menumpukan sampah di tepi jalan, bahkan tak jarang kita melihat sampah di parit dan sungai," ujar Juwita, Selasa (11/12/2018).

Baca: Mencetak Jiwa Enterprenuer Sejak Dini

Baca: Mengola Potensi Alam Kapuas Hulu, Dari Makanan Khas Hingga Ikan Hias

Hal itu terjadi karena kurang nya kesadaran tentang dampak dari sampah itu sendiri. Ketahuilah bahwa sampah itu sangat berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.

Juwita memaparkan Sampah yang menumpuk dapat menyebabkan banjir, udara dilingkungan sekitar menjadi tercemar, bahkan dapat menimbulkan penyakit lewat udara.

"Membuang sampah tidak pada tempatnya adalah perbuatan dari manusia yang mempunyai penyakit mental. Bagaimana tidak ? Manusia yang buang sampah sembarangan tidak pernah berpikir dampak dari sampah yang ia buang dan mungkin akan memnahayakan dirinya dan orang sekitarny," imbuhnya

Juwita mengatakan ada sebagian orang yang menganggap remeh sampah yang kecil seperti bungkus permen, tisu, putung rokok, dan bungkus snack lainnya, ketahuilah jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus maka hal itu akan menjadi kebiasaan.

Dan jika dilakukan lebih dari satu orang sampah itu akan menjadi menumpuk.

Juwita menegaskan jangan biarkan kebiasaan buruk mendarah daging ditubuh kita, biasakan lah hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita harus menjadi contoh untuk orang lain, dimulai dari diri sendiri. Tegurlah jika ada yang membuang sampah sembarangan, jangan bersikap acuh jika menemukan sampah di jalan," ajak Juwita.

Juwita menjelaskan membuang sampah sembarangan juga bisa disebabkan karena kurangnya ketersediaan tempat sampah dilingkungan sekitar, jika anda berada diposisi seperti ini anda bisa menyimpan dulu sampah itu disaku atau dikantong plastik sampai anda menemukan tempat sampah.

"Sampah juga bisa bernilai ekonomis jika kalian dengan cerdas mengolah nya menjadi barang siap pakai, selain dapat dijual anda juga bisa menghemat pengeluaran," tutupnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved