CPNS 2018

Berjuang Hingga Unggul di SKD dan SKB Tes CPNS Sintang, Abdi: Sangat Dramatis

Tapi bersyukur juga kebijakan selanjutnya menerapkan sistem perangkingan

Berjuang Hingga Unggul di SKD dan SKB Tes CPNS Sintang, Abdi: Sangat Dramatis
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Peserta tes CPNS, Abdi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Satu di antara peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sintang Tahun 2018, Abdi Yuda baru saja melewati tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di SMK Negeri 1 Sintang, Selasa (11/12/2018) siang.

Menurutnya, melalui tahapan-tahapan seleksi bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab mulai dari tahap penerimaan, sampai pada tahap tes yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) adalah proses yang dramatis.

"Tes CPNS tahun 2018 ini, menurut saya sangat dramatis, dari saat pendaftaran yang sempat ditunda sampai kepada pelaksanaan seleksi kompetensi dasar yang kita menemui kendala passing grade TKP terlalu tinggi," jelas Abdi.

Baca: Tangkap Pencuri dan Penadah Velg Mobil dan Mesin Pompa Air, Kapolsek Beberkan Kronologinya

Dirinya juga merupakan salah satu peserta yang gagal memenuhi passing grade TKP pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dimana passing grade yang ditetapkan adalah 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK.

"Kita banyak yang jatuh di situ, saya salah satu yang jatuh di TKP. Tapi bersyukur juga kebijakan selanjutnya menerapkan sistem perangkingan. Sehingga saat ada formasi tidak ada yang lolos SKD, diambil ranking 1-3," jelasnya.

Pada perankingan hasil SKD sendiri, Abdi berhasil menduduki ranking pertama dengan total nilai 383, disusul dua rekan sesama formasinya di ranking kedua dan ketiga. Begitu pula pada hasil SKB hari ini, keberuntungan masih berpihak.

Abdi berhasil mendapatkan nilai 240, unggul dari dua rekannya yang bersaing di Formasi Teknik Jalan dan Jembatan, Seksi Peningkatan dan Pembangunan Jalan Desa, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang.

"Tidak terduga ternyata lebih sulit di SKB. Dari teman-teman juga banyak bilang ini tes yang lebih sulit. Tapi kita bersyukur prosesnya bisa kita jalani, tadi dapat 240, lalu dua teman saya dapat 220 dan 190," pungkasnya.

Karena berhasil menjadi yang terbaik pada SKD dan SKB di antara rekan-rekan yang memilih formasi tersebut, hampir dapat dipastikan Abdi menjadi satu di antara peserta yang lulus Tes CPNS Kabupaten Sintang Tahun 2018 ini.

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved