Pileg 2019

KPU Plenokan DPTHP2, Jumlah Pemilih di Mempawah Berkurang 325 Orang

Mursalin mengatakan bahwa untuk tahapan selanjutnya, pihak KPU Kabupaten masih menunggu informasi dari KPU RI

Penulis: Ferryanto | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Penandatanganan berita acara usai Rapat Pleno DPTHP 2 oleh KPU Mempawah di Hotel Wisata Nusantara, Senin (10/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ferryanto

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - KPU Mempawah menggelar Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi dan penetapan penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPPHP2) tingkat Kabupaten Mempawah pada Pemilu 2019, Senin (10/12/2018).

Rapat Pleno ini digelar di Hotel Wisata Nusantara, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Mempawah, dan dihadiri oleh perwakilan dari Bawaslu Mempawah, Kejari Mempawah, Pemda Mempawah, Tokoh Masyarakat, dan perwakilan dari Partai Politik yang akan mengikuti Pemilu 2019 mendatang.

Pada 12 November 2018 lalu, Katua KPU  Mempawah M. Agoes Soesanto memaparkan bahwa dari hasil Rapat Pleno tersebut, DPT di Mempawah bertambah menjadi 189.144 pemilih,

Dan kali ini, komisioner KPU Mempawah Mursalin menjelaskan bahwa hasil dari jumlah DPT pada rapat Pleno kali ini berkurang  325 orang di banding pada Pleno DPTHP 1 lalu yakni menjadi 188.819 orang.

Baca: Wakapolda Kalbar Apresiasi Polresta Pontianak dan Polres Singkawang, Ini Prestasinya

"Penambahan pemilih baru kita ada 458, tapi dari data kemarin yang TMS (tak memenuhi syarat) itu ada 783, artinya ada 300an lebih, jadi ada pengurangan 300an lebih itu,"jelasnya.

Selanjutnya, Mursalin menerangkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi hingga data pemilih yang TMS sebanyak itu.

"Ada meninggal, meninggal kita 171 orang, dan meninggal sebenarnya sudah lama, hanya saja baru terdeteksi namun ada juga yang penambahan yang baru meninggal, lalu ada pindah domisili," tutur Mursalin.

Pelaksanaan Rapat Pleno DPTHP 2 oleh KPU Mempawah di Hotel Wisata Nusantara. Senin (10/12/2018)
Pelaksanaan Rapat Pleno DPTHP 2 oleh KPU Mempawah di Hotel Wisata Nusantara. Senin (10/12/2018) 

Mursalin mengatakan bahwa untuk tahapan selanjutnya, pihak KPU Kabupaten masih menunggu informasi dari KPU RI.

"Untuk sementara info dari pusat, pusat menyatakan akan membuat final sehingga tidak ada penetapan DPTHP 3, tapi kita belum tau, karena pleno nasional itu di tangggal 15 Desember, ketika Bawaslu menerima dan Mendagri juga menyatakan datanya sudah oke, maka kita akan lanjut DPTb ( daftar Pemilih Tambahan) dan DPK (daftar pemilih khusus), karena di bulan Januari 2019 inikan distribusi surat suara harus final," tukas Mursalin.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved