Izin Kerja WNA Tiongkok di Bunut Hulu Habis, Ini Penjelasan dari Pemkab dan Imigrasi Putussibau

Kalau izin kerja sudah habis, ini bagian kami dan sementara izin tinggal masih berlaku, itu kewenangan dari Imigrasi Putussibau

Izin Kerja WNA Tiongkok di Bunut Hulu Habis, Ini Penjelasan dari Pemkab dan Imigrasi Putussibau
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Kabid Naker Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Soial Kabupaten Hulu, Subandi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kabid Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu, Subandi menyatakan bahwa keberadaan warga asing (WA) asal Tiongkok di daerah Desa Nanga Dua, Kecamatan Bunut Hulu, izin kerjanya sudah habis.

"Mereka itu bekerja di perusahaan tambang miliknya PT Tambang Mineral. Dimana mereka bisa bekerja kembali asalkan pihak perusahaan memperpanjang izin kerja para karyawan tersebut," ujarnya kepada wartawan, Kamis (6/12/2018).

Baca: Agus Suratman: SKB CPNS Kayong Utara Diselenggarakan di Pontianak

Subandi menjelaskan, belasan WNA asal Tiongkok itu juga memiliki izin tinggal dari Imigrasi, sehingga boleh tinggal meskipun tidak melakukan pekerjaan di perusahaan tersebut.

"Kalau izin kerja sudah habis, ini bagian kami dan sementara izin tinggal masih berlaku, itu kewenangan dari Imigrasi Putussibau," ucapnya.

Selain WNA di Bunut Hulu, jelas Subandi ada empat orang WNA sedang bekerja di bidang perkebunan, dan dua orang tersebut bekerja di daerah Kecamatan Badau. "Mereka semua bekerja sesuai dengan izin dan dibawah pengawasan kami," ungkapnya.

Baca: Edi Kamtono Dinobatkan Sebagai Wali Kota Entrepreuner 2018

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian, Imigrasi Putussibau, Muh Nopiyanto menyatakan keberadaan WNA di Bunut Hulu terus dipantau atau diawasi. "Izin tempat tinggal mereka masih berlaku dan habis masanya tahun 2019," ujarnya.

Apakah WNA tersebut masih ada dilokasi, Nopi menjelaskan kalau pihaknya belum melakukan pengecekan kembali, apakah masih disana atau tidak. "Bulan lalu kami cek kesana masih ada dilokasi, tapi tidak sampai belasan orang mungkin lainnya sudah pada pulang atau kemana," ucapnya.

Nopi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan Bunut Hulu untuk sama-sama memantau gerak gerik WNA tersebut. "Kalau memang ada kecurigaan atau pekerjaan mereka laporkan saja ke kami," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved