Realisasi Dana Desa di Sintang Berjalan Baik, Ada Peran Aparat Penegak Hukum di Dalamnya

Syahnan Tanjung menilai realisasi dana desa bagi 391 desa di Kabupaten Sintang berjalan dengan baik, bahkan dari tahun 2017 sampai saat ini

Realisasi Dana Desa di Sintang Berjalan Baik, Ada Peran Aparat Penegak Hukum di Dalamnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sintang, Syahnan Tanjung diwawancarai usai menjadi pemateri pada Rapat Koordinasi Menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) di Aula Bappeda, Senin (19/3/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sintang, Syahnan Tanjung menilai realisasi dana desa bagi 391 desa di Kabupaten Sintang berjalan dengan baik, bahkan dari tahun 2017 sampai saat ini baru terjadi satu kali pelanggaran oleh Kades.

Artinya dari 391 desa yang ada di Kabupaten Sintang, hanya ada satu oknum kepala desa yang melakukan pelanggaran dengan menggunakan dana desa tidak sesuai dengan peruntukannya atau untuk kepentingan pribadi.

"Dia langgar aturan mengguna dana desa untuk kepentingan pribadi, kurang lebih Rp.150 juta dan telah ditetapkan sebagai pelaku tindak pidana korupsi. Untuk tahun 2018 ini belum terlihat dan tidak ada," ujarnya, Rabu (5/12/2018) siang.

Baca: Kejurprov Balap Motor Seri III Akan Digelar di Sirkuit Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak

Menurutnya hal ini membuktikan kesadaran atas penggunaan dana desa di Kabupaten Sintang sesuai peruntukan cukup baik. Dia pun berharap satu kasus tersebut menjadi yang terakhir dan selanjutnya berjalan dengan baik.

Selain itu, Syahnan menilai keberhasilan ini tidak lepas dari peran aparat penegak hukum, baik kepolisian maupun kejaksaan yang ikut mengawasi dan mensosialisasikan terkait penggunaan dana desa.

"Karena prinsip kita, bagaimana mereka tidak merasa terhalangi membangun desa dengan adanya aparat hukum, justru mereka merasa terbantu dan memahami dana desa itu peruntukannya bagaimana," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved