Gelar Kursus Kepemiluan, KPU Sintang Edukasi Masyarakat Tentang Pelaksanaan Pemilu

Para pemateri, selain dari Komisioner KPU Kabupaten Sintang, KPU Provinsi Kalimantan Barat, ada juga narasumber dari para akademisi.

Gelar Kursus Kepemiluan, KPU Sintang Edukasi Masyarakat Tentang Pelaksanaan Pemilu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang menggelar kegiatan Kursus Kepemiluan Tahun 2018 yang diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai latar belakang bertempat di Hotel My Home Sintang, Selasa (4/12/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang menggelar kegiatan Kursus Kepemiluan Tahun 2018 yang diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai latar belakang bertempat di Hotel My Home Sintang, Selasa (4/12/2018) pagi.

Pelaksanaan kursus ini mulai 4-5 Desember 2018 dan dibagi dalam dua gelombang.

Para pemateri, selain dari Komisioner KPU Kabupaten Sintang, KPU Provinsi Kalimantan Barat, ada juga narasumber dari para akademisi.

Baca: Pantauan Cuaca, Awan Mendung Selimuti Wilayah Sintang

Baca: Prakiraan Cuaca 14 Kecamatan di Sintang Hari Ini, Jam 4 Sore Hujan Merata di Semua Daerah

Ketua KPU Kabupaten Sintang, Hazizah mengatakan bahwa pelaksanaan kursus ini menjadi bagian dari upaya KPU memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai tata cara pelaksanaan pemilu.

Terlebih sebentar lagi, di tahun 2019 masyarakat Indonesia akan mengikuti pemilu serentak, mulai dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, maupun pemilihan calon legislatif dari tingkat DPR-RI, Provinsi, dan Kabupaten.

"Para peserta terdiri dari berbagai latar belakang yang punya keinginan besar mengetahui tata cara pelaksanaan pemilu. Mulai dari tata cara pemilihan, jumlah surat suara, penghitungan kursi untuk DPRD, dan sebagainya," katanya.

Dalam pemaparan materi yang umumnya mengenai pelaksanaan pemilu, peserta juga diminta aktif untuk berdiskusi. Bahkan setelah selesai pelaksanaan, para peserta mendapatkan sertifikat kursus yang diberikan KPU Sintang.

"Dengan kursus kepemiluan ini diharapkan mereka ke depan bisa menjadi petugas seperti PPS, PPK, KPPS bahkan kalau bisa menjadi anggota KPU, karena mereka sudah mendapatkan ilmu," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved