Norsan Sebut Sungai Kapuas Miliki Potensi Pengembangan Olahraga Air

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan sebut Sungai Kapuas memiliki potensi yang sangat besar sebagai tempat wisata

Norsan Sebut Sungai Kapuas Miliki Potensi Pengembangan Olahraga Air
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DAVID NURFIANTO
Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan saat diwawancarai awak media, di Taman Alun-Alun Kapuas, Kota Pontianak, Minggu (2/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak David Nurfianto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan sebut Sungai Kapuas memiliki potensi yang sangat besar sebagai tempat wisata dan sarana pengembangan olahraga air khususnya Dayung.

Menurutnya jika dibandingkan dengan beberapa sungai yang ada di Negara tetangga Sungai Kapuas memiliki kelebihan tersendiri.

“Sungai Kapuas ini sungai yang indah dan terpanjang di Indonesia, jika dibandingkan dengan Thailand itu sungainya kuramg indah,” Ujarnya kepada awak media, di Taman Alun-Alun Kapuas, Kota Pontianak, Minggu (2/12/2018).

Norsan menjelaskan pengelolaan yang baik membuat sungai di Negara tetangga menjadi tempat wisata, sehingga para turis berminat berkunjung ke Negara mereka.

Baca: Jembatan Gantung Berusia 25 Tahun, Jadi Penghubung Dua Desa di Kayan Hulu Rusak

"Hal serupa tentunya bisa diterapkan di Kalimantan Barat. Terlebih potensi yang dimiliki Kalbar sangat besar," Imbuh Norsan.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat ini juga mengakui kalau selama ini pembinaan atlet dayung Kalbar memang dirasa kurang, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah akan melakukan peningkatan fasilitas, mengingat daya saing atlet dayung Kalimantan Barat yang tidak kalah jika dibandingkan dengan daerah lain.

“Kita akan persiapkan atlet dayung Kalbar lebih matang juga akan kita berikan reward kepada mereka,” Terang Norsan

Selain pembenahan fasilitas, Norsan juga menyebutkan pelaksanaan event-event besar secara nasional maupun internasional yang dilakukan di Sungai Kapuas juga menjadi salah satu faktor penarik wisatawan.

“Saya sudah sampaikan kepada Ketua KONI Kalbar untuk akhir bulan Desember tahun ini akan kita adakan kembali even lomba dayung disungai Kapuas ini,” Tegas Norsan

Tambahnya, perlombaan ini akan merebutkan piala Gubernur Kalimantan Barat, Pemprov juga akan mengundang beberapa tamu dari Negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

"Tentunya ini akan menjadi event besar dan mendatangkan wisatawan yang bisa mengangkat nama Kalimantan Barat di tingkat nasional bahkan internasional," Pungkas Norsan.

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved