Yenny: Overkapasitas, Pemerintah Perlu Menambah Ketersediaan Fasilitas di Lapas

Paling ideal sebenarnya tentu kita berharap tingkat kriminalitas dan jumlah narapidana berkurang

Yenny: Overkapasitas, Pemerintah Perlu Menambah Ketersediaan Fasilitas di Lapas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FILE
Dekan fakultas hukum UPB Hj. Yenny AS memberikan cinderamata pada satu diantara hakim MK RI Suhartoyo beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Penambahan fasilitas infrastruktur dan suprastruktur lembaga permasyarakatan dinilai menjadi langkah penting yang harus diambil pemerintah.

Dengan demikian, permasalahan overkapasitas di berbagai fasilitas pembinaan pemasyarakatan bisa diurai.

Sebenarnya jika permasalahannya adalah soal overkapasitas, yang penting untuk dilakukan adalah sarana dan prasarana untuk memberikan pembinaan kepada narapidana yang sedang menjalani masa tahanan," ujar pengamat hukum, Yenny AS, Jumat (30/11/2018).

Ia mengungkapkan, sejatinya kondisi paling ideal adalah dengan mengupayakan menekan angka kriminalitas di tengah masyarakat.

Baca: Curi HP, Seorang Pria Diringkus Polsek Pontianak Kota

Baca: Kediaman Super Mewah Crazy Rich Surabaya, Pasangan Jusup Maruta Cahyadi dan Clarissa

Namun, menilik pada faktanya bahwa kriminalitas justru meningkat, maka tak ada pilihan lain selain menambah fasilitas yang memadai, agar pelaksanaan kegiatan pembinaan pemasyarakatan bisa berjalan baik.

"Paling ideal sebenarnya tentu kita berharap tingkat kriminalitas dan jumlah narapidana berkurang. Tapi jika kemudian kondisinya saat ini yang terjadi justru kriminalitas meningkat, tentu tidak ada pilihan lain selain meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana memadai untuk proses pembinaan terhadap orang yang bermasalah dengan hukum ini," pungkas Yenny.

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved