Dewi : Tidak Semua Persoalan Anak Berhadapan Hukum Harus Ditindak Pidana

Menurutnya, anak yang terlibat hukum ini diharapkan ketika ada diversi, maka anak tersebut tidak akan mengulanginya lagi.

Dewi : Tidak Semua Persoalan Anak Berhadapan Hukum Harus Ditindak Pidana
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DAVID NURFIANTO
Foto bersama usai Pelaksanaan Diskusi Publik yang diselenggarakan Happy Foundation, di Aula Makodim 1207 BS Pontianak, Jalan Gusti Sulung Lelanang, Kota Pontianak, Sabtu (1/12/2018).   

Laporan Wartawan Tribun Pontianak David Nurfianto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Praktisi Hukum, Dewi Ari Purnamawati mengatakan persoalan anak yang berhadapan dengan hukum ini sudah lama, namun tidak semua harus ditindak pidana.

"Mereka sebagai pelaku, diharapkan jika memang bisa diselesaikan secara diversi,maka kita harus selesaikan secara diversi," ujar Dewi Ari Purnamawati usai diskusi publik, di Aula Makodim 1207 BS Pontianak, Jalan Gusti Sulung Lelanang, Kota Pontianak, Sabtu (1/12/2018).

Baca: Integritas Profesi Pendidikan Kewarganegaraan yang Menjadi Acuan Bangsa

Baca: PFKPM Kalbar Gelar Konsolidasi, Dorong Pemuda Melayu Jadi Pioner Suksesnya Pilpres dan Pileg 2019

Dewi menjelaskan bahwa tidak semua permasalahan anak itu harus ditindak pidana.

"Kalbar sendiri banyak kasus kejahatan yang dilakukan anak ini kan pencurian, jika memang anak tersebut belum menjadi residivis, itu masih bisa dilakukan secara diversi," imbuh Dewi.

Menurutnya, anak yang terlibat hukum ini diharapkan ketika ada diversi, maka anak tersebut tidak akan mengulanginya lagi.

Dewi juga menjelaskan terkait anak yang disuruh orang tuanya melakukan tindak pidana, maka orang tuanya juga harus ikut diproses.

"Hal inilah yang disebut dengan Keadilan Restoratif, dalam hal ini masyarakat juga harus mengerti dan memahami, bahwa tidak semua tindakan kejahatan anak ini harus di proses secara hukum," Pungkas Dewi.(Dap)

Penulis: David Nurfianto (DAP)
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved