PLN Gandeng Fakultas Kehutanan Dalam Program Penghijauan

PT PLN menggandeng Fakultas Kehutanan Untan melakukan penghijauan dengan menanam pohon.

PLN Gandeng Fakultas Kehutanan Dalam Program Penghijauan
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - PT PLN menggandeng Fakultas Kehutanan Untan melakukan penghijauan dengan menanam pohon.

Dekan Kehutanan, Gusti Hardiansyah menyebutkan bukan kali pertama kerjasama dilakukan.

Pihaknya sebagai akademisi tentunya mempunyai kepentingan penelitian terhadap tanaman yang ditanam.

Gusti Hardiansyah menegaskan pihaknya merekomendasikan pada PLN untuk menanam pohon-pohon khas kalimantan.

Baca: Detik-detik Evakuasi Pemuan Mayat Membusuk di Dalam Selokan Wajok Hilir

"Pohon yang ditanam tentu pohon khas Kalimantan yang kita rekomendasikan ada ulin, meranti, nyato dan lainya. Kita dalam melakukan penanaman ini menyesuaikan, dilokasi tersebut untuk apa," ucap Hardiansyah saat diwawancarai, Rabu (28/11/2018).

Misalnya mencari pohon yang cepat tumbuh untuk menaungi dan sebagainya. Mungkin menurutnya pohon ketapang bagus, tapi kalau di Taman Untan maka diperlukan pohon jangka panjang sehingga direkomendasikan pohon meranti dan ulin.

"Jenis yang ditanam memperhatikan lokalitas, adaptif dan spesifikasi untuk lokasi. PLN memberikan kuota 1000 dan kita bagi, 300 Pontianak, 300 Kubu Raya dan 400 kita tanam di hutan pendidikan Fakultas Kehutanan yang ada di Landak," jelasnya.

Sistem penanamannya di hutan pendidikan tentu berbeda dengan di RTH Pontianak. Dihutan pendidikan tanaman ditanam sistem jalur.

Soal jarak, di Kota Pontianak memang tidak memperhatikan standar ideal, karena memanfaat space kosong. Tapi kalau dihutan pendidikan tanaman seperti Ulin, Meranti nyato idealnya jarak 5 meter.

Tanaman dilakukan rapat ini di Kota Pontianak, karna k menginginkan tumbuh tinggi, apabila ingin besar tentunya harus dipangkas dan berikan jarak.

"Tanaman yang telah ditanam, terus kita monitor apabila ada yang mati maka kita sulam," kata Gusti Hardiansyah yang kini menjadi kandidat Calon Rektor Untan.

Penanaman pohon melibatkan mahasiswa, karena mereka berkepentingan terhadap penelitian dan pihak kampus terus memantau daya serap pohon terhadap C02, pertumbuhan dan perkembangannya setiap tahun.

Baca Juga
Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved