Mahasiswa FKIP Untan Bersama Forum Guru Honorer, Gelar Aksi Damai

Puluhan mahasiswa dan Guru honorer ikuti aksi pada hari ini, membawa beberapa atribut yang menyuarakan aksinya.

Mahasiswa FKIP Untan Bersama Forum Guru Honorer, Gelar Aksi Damai
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DAVID NURFIANTO
Pelaksanaan Aksi Damai Mahasiswa FKIP Untan bersama Forum Guru Honorer, di Gedung DPRD Provinsi Kalbar, Senin (26/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak David Nurfianto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Momentum hari guru ke-73 Mahasiswa FKIP Untan bersama Forum Guru Honorer, menggelar Aksi Damai, di Gedung DPRD Provinsi Kalbar, Senin (26/11/2018).

Puluhan mahasiswa dan Guru honorer ikuti aksi pada hari ini, membawa beberapa atribut yang menyuarakan aksinya.

Beginilah suasana aksi puluhan mahasiswa Guru honorer, dalam aksi ini massa aksi mengangkat tema "Guru Sengsara, Rusaknya Moral Anak Bangsa".

Koordinator Aksi, Syarifah Runika Umaria mengatakan dimana Guru merupakan sebuah profesi tenaga kependidikan memiliki hak dan kewajiban menyangkut dunia pendidikan yang digeluti.

Baca: Lindungi Masyarakat, Tim Gabungan Sisir Penjual Kosmetik

"Hak guru merupakan apa-apa saja yang didapatkan oleh seseorang yang memiliki profesi guru, kewajiban guru adalah apa-apa saja yang dilaksanakan seorang guru dalam menjalankan profesinya," Ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Hak dan kewajiban Guru ini dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen sehingga setiap Guru mandapatkan perlindungan terhadap hak yang dimiliki dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

Lanjutnya, hak-hak guru dalam Undang-Undang Guru dan Dosen pasal 14 ayat 1 menyatakan, bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

"Guru memiliki hak, memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial," Kata Runika.

Runika juga menjelaskan guru juga memiliki hak mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan ptestasi kerja.

Halaman
12
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved