Mantan PJ Bupati Ketapang Sambut Baik Pentas Seni Budaya Dayak

Kartius sendiri menilai bahwa saat ini Kalimantan Barat sendiri, sudah termasuk baik dalam mengembangkan dan memfasilitasi

Mantan PJ Bupati Ketapang Sambut Baik Pentas Seni Budaya Dayak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Mantan PJ Bupati Ketapang sekaligus Mantan Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Ketapang, Kartius. Saat diwawancarai awak media, Kamis (22/11/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Mantan PJ Bupati Ketapang sekaligus Mantan Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Ketapang, Kartius menyambut baik dengan adanya kegiatan Pentas Seni Budaya Dayak yang digelar 22-25 November 2018 yang berlangsung di Taman Budaya Pendopo Bupati Ketapang.

Menurut Kartius saat ditemui seusai acara Pembukaan, Kamis (22/11/2018).

Ia menganggap bahwa kegiatan seperti ini, sangat perlu untuk dilestarikan. Ia menilai melalui kegiatan seperti ini Kabupaten Ketapang kedepan dapat menarik perhatian bagi turis dalam negeri bahkan hingga luar negeri.

Baca: Pentas Seni Budaya Dayak se-kabupaten Ketapang Resmi Dibuka

Baca: Jadwal Final Basket Hari Ini! Ada Ketapang Melawan Pontianak

"Seperti yang ada di catatan kementerian Pariwisata kita, bahwa saat ini devisa dari Tourism meningkatnya sangat tajam, dibanding Negara yang mengandalkan SDA. Karena SDA sendiri seperti kita tau naik turun, sedangkan Pariwisata naik terus dari tahun 2005 hingga 2017 devisa naik terus meningkat . Untuk itu perlu kita jaga, lestarikan, dan kita kembangkan," ucap Kartius.

Kartius sendiri menilai bahwa saat ini Kalimantan Barat sendiri, sudah termasuk baik dalam mengembangkan dan memfasilitasi seluruh kebudayaan dari suku dan etnis. Ia melihat bahwa Pemerintah saat ini sudah melihat keberadaan nilai-nilai Kebudayaan dan Pariwisata yang ada di masing-masing daerahnya.

"Yang kita miliki semua ini di Kalbar semua masih original, itu yang diminati oleh turis mancanegara. Coba lihat Bali, cuma mengandalkan Kebudayaan dan Pariwisata membuat devisa dan masyarakatnya tumbuh liar biasa. Dan saya rasa Kalbar ini tidak kalah sama provinsi-provinsi lain, dan kedepan kita bisa tingkatkan Kalbar dari sisi Pariwisata dan Kebudayaan," sebut Kartius.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved