Pileg 2019

Jelang Pilpres dan Pileg 2019. Kesbangpol Kubu Raya Gelar Rapat Koordinasi

Rapat koordinasi ini guna menggalang informasi, pemantapan, dan membangun stabilitas wilayah jelang pemilu tahun depan.

Jelang Pilpres dan Pileg 2019. Kesbangpol Kubu Raya Gelar Rapat Koordinasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten Kubu Raya, Drs. Hakiman, M.Si 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak : Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Menyongsong Pemilihan Umum Eksekutif dan Legislatif 17 April 2019 mendatang, Kantor Kesatuan bangsa dan Politik Kabupaten Kubu Raya kembali menggelar Rapat Koordinasi Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) di Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (19/11).

Rapat koordinasi ini guna menggalang informasi, pemantapan, dan membangun stabilitas wilayah jelang pemilu tahun depan.

Kepala Kantor Kesbangpol, Hakiman berharap rakor dapat mengoptimalkan peran Kominda dalam menjaga dan memelihara situasi serta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas).

"Dengan peran aktif anggota Kominda Kabupaten Kubu Raya, diharapkan kita dapat meningkatkan deteksi dini untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan konflik sosial. Melalui sinergi bersama pemerintah daerah, Polri, TNI, dan instansi terkait, mari siapkan langkah antisipasi sejak dini dalam menjaga stabilitas nasional di Kabupaten Kubu Raya," ujarnya.

Ia menilai satu diantara ancaman nyata berasal dari radikalisme keamanan dan kondusivitas wilayah serta meluasnya radikalisme dan terorisme di wilayah Indonesia.

Baca: Sutarmidji Tak Setuju Wacana Kebijakan Menteri Turunkan Passing Grade Seleksi CPNS 2018

Menurut dia, momen pemilu DPR, DPD, DPRD, dan pemilihan presiden dan wakil presiden serentak, akan meningkatkan aktivitas masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

"Dengan adanya potensi kerawanan tersebut, aparat Polri, TNI, dan pemerintah daerah harus meningkatkan pengamanan di semua titik konsentrasi masyarakat. Hal itu guna mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD, dan pilpres serentak," katanya.

Baca: Junaidi Sebut Lima Besar Negara Penanam Modal Asing di Kalbar

Ia mengungkapkan informasi intelijen sangat penting dan dibutuhkan guna langkah pencegahan pada potensi-potensi negatif yang dapat menimbulkan keresahan bahkan konflik yang terjadi di masyarakat. Sehingga pengumpulan informasi intelijen harus dilakukan secara terus menerus.

"Saya berharap seluruh anggota Kominda Kubu Raya dan pemangku kepentingan untuk saling bekerja sama dalam rangka pemantapan dan membangun stabilitas wilayah menyongsong pemilihan umum eksekutif dan legislatif serentak di Kubu Raya," tuturnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved