Anggota DPRD Sambas Sebut BUMDES Miliki Peran Yang Strategis

ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sambas Lerry Kurniawan Figo mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) memiliki peran yang strategis.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK..CO.ID, SAMBAS - ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sambas Lerry Kurniawan Figo mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) memiliki peran yang strategis.

Menurutnya, dengan adanya BUMDES akan menjadi upaya yang sangat baik untuk meningkatkan pemberdayaan dan perekonomian masyarakat Desa.

“Pembentukan BUMDES itu memiliki peran yang strategis dalam pemberdayaan dan peningkatan  ekonomi Desa. Namun di Sambas pembentukan dan pengelolaan BUMDES belum berjalan maksimal, baik dari kualitas dan kuantitasnya,” ujar Figo saat di hubungi Tribun,  Minggu (18/11/2018).

Oleh karenanya, Figo meminta kepada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Desa (PMD) agar memberikan pembinaan, pemberdayaan dan mengkaji untuk potensi yang ada.

“Peran dan fungsi OPD Dinsos PMD harus efektif. Dinsos harus bisa memberikankan pembinaan kepada Desa dalam melihat dan mengkaji SDA dan SDM yang ada,” jelasnya.

Baca: Dinsos Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebut Saat Ini Sambas Miliki 66 BUMDES

“Selama inikan kita baru membentuk saja tapi kurang di beri pembinaan dan monitoring,” sambung Figo.

Figo mengatakan, saat ini pembentukan BUMDES terkesan hanya sebagai simbolis saja. Karena masih banyak dari anggota BUMDES yang belum mengerti tentang bagaimana mengelola BUMDES.

“Banyak yang tidak mengerti (BUMDES) seperti petunjuk pelaksanaan dan tatacara pengelolahan BUMDES.  Jadi BUMDES dibentuk hanya simbolis saja dan tidak tahu apa yang harus dilakukan,” tuturnya.

Melihat kondisi itu, Figo mengaku tahun depan DPRD akan membuat Perda Inisiatif tentang pembentukan dan pengelolaan BUMDES.

“Melihat kondisi yang demikian kami dari komisi A berinisiasi untuk ditahun 2019 akan membuat Perda inisiatif  tentang pembentukan dan pengelolahaan BUMDES, “ tegasnya.

“Semoga perda ini nantinya akan bisa memeberikan solusi dari permasalahan BUMDES di Kabupaten  Sambas,” tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved