Adventorial

Sidomuncul Hadir Ditengah Masyarakat Prasejahtera, Gelar Operasi Katarak Gratis

100 warga Kalimantan Barat mendapat kesempatan untuk mengikuti operasi katarak yang diselenggarakan Perusahaan Sidomuncul

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Foto bersama pihak Sidomuncul, Perdami dan Untan setelah pembukaan operasi katarak gratis di RS Untan, Kamis (15/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - 100 warga Kalimantan Barat mendapat kesempatan untuk mengikuti operasi katarak yang diselenggarakan Perusahaan Sidomuncul dan bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dan Rumah Sakit Universitas Tanjungpura diselenggarakan di RS Untan, Kamis (15/11/2018).

Peserta terbanyak datang dari Kabupaten Sanggau sekitar 50 orang. Sementara peserta terjauh dari Kapuas Hulu.

Sidomuncul merupakan perusahaan yang konsen terhadap pemberantasan buta katarak bagi warga Indonesia.

Direktur Sidomuncul, Irwan Hidayat menuturkan sejak 2011 lalu hingga hari ini pihaknya telah melakukan operasi pada 51.600 warga Indonesia yang mengalami katarak.

Baca: Seorang Remaja Ditemukan Tewas Gantung Diri Disebuah Pohon Rambutan

"Ini pertama kali kita lakukan di Kalimantan Barat. Ternyata sangat banyak yang masih membutuhkan hari ini kita pasang kuota 100 tapi masih banyak yang tidak kebagian," ucap Irwan Hidayat saat diwawancarai.

Tingginya rasa kemanusiaan dari Perusahaan Sidomuncul, Irwan Hidayat meminta panitia untuk mendata kembali, apabila masih banyak warga yang ingin melakukan operasi katarak lantaran belum mendapat kesempatan pada kegiatan pertama.

Pihak Sidomuncul siap mensuport kembali kegiatan bulan depan atau kapanpun pihak Rumah Sakit Untan mau mengadakan operasi katarak bagi warga prasejahtera.

"Kalau ada lagi, ya saya sudah ngomong kalau memang mau menambah, biar nanti di ajukan lagi bulan depan," ucap Irwan dengan semangat membantu warga Kalbar khususnya penderita katarak.

Sebelum ada BPJS dari pemerintah, Sidomuncul setiap tahunnya menganggarkan 12 ribu kuota untuk operasi katarak. Namun sejalan dengan program pemerintah dengan BPJS nya pihak Sidomuncul menurunkan kuota menjadi 1500 pertahun.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved