Kubu Raya Satu-satunya Kabupaten di Kalbar Yang Dapat Anugerah Parahita Ekapraya 2018

Kabupaten Kubu Raya dinyatakan masuk dalam verifikasi penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018.

Kubu Raya Satu-satunya Kabupaten di Kalbar Yang Dapat Anugerah Parahita Ekapraya 2018
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus saat diwawancarai awak media usai Diseminasi Hasil Kajian Systemic Review dengan judul Problematika Pengawasan Dana Desa dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Dana Desa di Provinsi Kalimantan Barat yang digelar oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat di Ruang Anggrek II, Hotel Ibis Pontianak, Jalan Ahmad Yani 1 Pontianak, Rabu (5/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Kabupaten Kubu Raya dinyatakan masuk dalam verifikasi penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018.

Dimana Kubu Raya menjadi satu-satunya kabupaten di Kalimantan Barat yang mendapatkan penilaian verifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama tim independen.

"Anugerah Parahita Ekapraya adalah bentuk pengakuan pemerintah pusat atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG)," ujar Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, Selasa (13/11/2018).

Baca: Kapolres Singkawang Pastikan Lembaga Yang Dipimpinnya Bebas Pungli

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencaana (DP3AKB) Kubu Raya terus melakukan pematangan dalam penilaian penghargaan APE 2018.

Apalagi sebelumnya Kabupaten Kubu Raya telah sukses meraih APE dengan kategori madya.

"Kami telah menginstrusikan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di bidang masing-masing, apakah sudah masuk dalam responsif gender atau tidak. Karena hal tersebutlah yang akan dinilai pada evaluasi pengarusutamaan gender melalui APE tahun 2018," katanya

Menurutnya Kubu Raya harus menunjukkan kemampuannya dalam pembangunan responsif gender.

"Mari berikan apresiasi yang tinggi melalui pencapaian pembangunan responsif gender di Kubu Raya," ujarnya.

Ia juga menegaskan semua OPD di Kubu Raya harus ikut bertanggung jawab menyampaikan laporan dan harus ada tim lintas OPD untuk bersama-sama mengisi form evaluasi melalui aplikasi yang dibangun Kementerian PPPA.

"Setiap OPD siap jika tim penilai dari Kementerian melakukan penilaian. Semua data sudah harus siap. Sehingga prestasi yang sudah didapat sebelumnya dapat kembali dipertahankan dan ditingkatkan," katanya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved