Rusman Ali Hadiri Robo-robo di Sungai Kakap

Rusman Ali mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya komit mengembangkan budaya daerah, termasuk melestarikan kebudayaan Robo-Robo.

Rusman Ali Hadiri Robo-robo di Sungai Kakap
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menghadiri puncak pekan budaya robo-robo di Sungai Kakap, Rabu (7/11/2018) 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA -  Ribuan masyarakat tumpah ruah meramaikan puncak Pekan Raya Budaya Robo-Robo di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (7/11). Ritual budaya yang telah melegenda sejak ratusan tahun silam ini dihadiri Bupati Kubu Raya Rusman Ali dan penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Odang Prasetyo.

Rusman Ali mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya komit mengembangkan budaya daerah, termasuk melestarikan kebudayaan Robo-Robo.

Baca: Korem 121/ABW Gelar Sidang Parade Cata PK TNI AD Gelombang II Reguler TA 2018

Baca: Pasar Sejati Kubu Raya Akan Menjadi Pasar Percontohan

"Robo-Robo adalah tradisi yang telah menjadi khazanah budaya yang potensial. Selain merekatkan silaturahmi masyarakat, juga menjaga semangat kekeluargaan yang rukun dan damai," ujar Rusman Ali, Rabu (7/11)

Namun ia berharap robo-robo dimaknai dengan baik agar nilai-nilai positif didalamnya tetap dapat dilestarikan.

"Suka cita robo-Robo ini tidak boleh melenceng dari nilai-nilai positif warisan leluhur. Karena Robo-Robo telah menjadi aset kekayaan budaya di Kabupaten Kubu Raya dan Indonesia pada umumnya," katanya.

Ia menilai budaya Robo-Robo telah menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang mampu mengundang wisatawan lokal bahkan mancanegara. Sehingga terjadi peningkatan taraf ekonomi setempat, khususnya masyarakat yang terlibat langsung pada perayaan Robo-Robo maupun warga sekitar.

"Budaya Robo-Robo harus .terus dilestarikan sebagai satu di antara aset daerah. Untuk itu, mari semua pihak menanamkan prinsip bahwa kebudayaan merupakan salah satu filter dan motor penggerak bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi," tuturnya

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved