Norsan Rencanakan Garap Robo-robo Secara Eksklusif

“Tidak sulit sebenarnya asal kita mau bersatu padu, dan di dukung oleh Dana yang cukup, Inshaa Allah bisa,’’ pungkas Norsan.

Norsan Rencanakan Garap Robo-robo Secara Eksklusif
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Wakil Gubernur Kalimantan Barat bersama Raja Mempawah saat menikmati hidangan di Saprahan, Rabu (07/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH -Perayaan Robo – robo di Kabupaten Mempawah telah mencapai puncaknya, berbagai upacara adat pada hari ini telah di gelar.

Terfokus di pelabuhan Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Timur, perhelatan acara robo – robo pun dimulai.

Baca: Sultan IX Pontianak Harap Andil Dalam Melestarikan Budaya Robo-robo

Baca: Puncak Robo - Robo, Raja Mempawah Sebut Budaya Pemersatu

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan berencana untuk menggarap pelaksanaan budaya Robo - Robo ini secara ekslusif, dan dapat mengundang wisatawan yang banyak ke Kabupaten Mempawah, sehingga dapat membuat kegiatan Robo – Robo medunia.

“Tidak sulit sebenarnya asal kita mau bersatu padu, dan di dukung oleh Dana yang cukup, Inshaa Allah bisa,’’ pungkas Norsan.

Robo – Robo merupakan sebuah kebudayaan yang masuk dalam kategori Warisan Budaya tak Benda yang telah di tetapkan oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI, yang berarti budaya ini harus di lestarikan dan merupakan sebuah kearifan lokal.

“ini kearifan lokal, bila ada yang mengatakan kegiatan Robo – Robo ini macam – macam, berarti mereka tidak mengertii akan arti dan makna Robo – Robo, Robo – Robo ini merupakan sebuah kegiatan memperingati napak tilas kedatangan Opu Daeng Manambbn ke Ke Mempawah,”jelas Norsan.

Iapun kagum dengan Pelaksanaan Robo - Robo yang ada di Kabupaten Mempawah, karena dinilianya kegiatan ini merupakan budaya pemersatu.

“saya lihat, seluruh anak bangsa bersatu memperingati budaya robo-robo ini, ada suku Melayu, Dayak, Madura, tionghoa, Jawa, semua bersatu memperingati Budaya Robo – robo ini,”ungkap Norsan.

Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved