Mengambil Data Dari HP Pasangan, Di Arab Saudi Kamu Bisa Kena Denda Miliaran

Kalau pernah, dan kamu kebetulan warga negara Arab Saudi kamu bisa kena pasal pidana dan denda yang nggak kecil lho guys.

Mengambil Data Dari HP Pasangan, Di Arab Saudi Kamu Bisa Kena Denda Miliaran
ANTARA/M AGUNG RAJASA
Warga menjalani perekaman retina mata dalam pembuatan e-KTP di Kelurahan Gondangdia Jakarta, Rabu (7/9/2011). Menurut data Disdukcapil DKI Jakarta baru 172 dari 267 kelurahan melakukan pemanggilan warga untuk pendataan e-KTP.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kalau lagi ngepoin perangkat elektronik pasangan, terutama Android pernah nggak kamu screenshot hal-hal yang kamu anggap mencurigakan?

Kalau pernah, dan kamu kebetulan warga negara Arab Saudi kamu bisa kena pasal pidana dan denda yang nggak kecil lho guys.

Berdasarkan undang-undang yang berlaku di Arab Saudi, suami atau istri yang mengakses ponsel pasangannya secara diam-diam dengan maksud mencari-cari kesalahannya bisa dihukum dengan penjara maksimal satu tahun dan denda maksimal 500.000 riyal (sekitar Rp 1,8 miliar).

Baca: Sempat Diguyur Hujan Dipagi Hari, Siang Ini Langit Pontianak Terpantau Cerah

Namun, aturan itu tidak berlaku terhadap orangtua yang mengakses perangkat milik anak-anaknya dengan maksud mengontrol, membimbing, dan melindungi mereka.

Sedangkan terhadap pasangan, mengambil data dan menyimpannya di perangkat lain dapat dikategorikan sebagai kasus pencemaran nama baik dengan asumsi data yang disimpan akan dipublikasikan pada waktu yang lain.

Dekrit Kerajaan Saudi mengesahkan aturan ini sebagai upaya melawan kejahatan siber dan ditujukan untuk membantu keamanan informasi, melestarikan hak pengguna internet dan melindungi kepentingan serta moral masyarakatnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengintip Ponsel Pasangan Tanpa Izin di Saudi Bisa Didenda Rp 1 Miliar"

Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved