Jatanras Amankan Karyawan Miliki Pistol Airgun Dimodifikasi Jadi Senpi

Disita satu pucuk Senjata api rakitan mirip pistol ‎jenis revovler lengkap dengan beberapa butir peluru dari seorang warga berinisial AI

Jatanras Amankan Karyawan Miliki Pistol Airgun Dimodifikasi Jadi Senpi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HADI SUDIRMANSYAH
Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol M Husni Ramli saat tunjukan barang bukti senpi rakitan serta peluru, Rabu (7/11/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota Satreskrim Polresta Pontianak mengamankan seorang pria terkait kepemilikan senjata api rakitan pada S‎enin (5/11/2018) sore di Warung Kopi jalan Gusti Hamzah Pontianak Kota

Disita satu pucuk Senjata api rakitan mirip pistol ‎jenis revovler lengkap dengan beberapa butir peluru dari seorang warga berinisial AI (26) yang berprofesi seorang karyawan.

Baca: Polresta Pontianak Ungkap Kasus Kepemilikan Senjata Api

Baca: Hadiri Kegiatan Robo-robo di Desa Punggur Kecil Kubu Raya, Gubernur Kalbar Sosialisasi Desa Mandiri

‎Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol M Husni Ramli menuturkan AI tanpa izin menguasai dan memiliki Senjata Air Gun jenis Pistol yang sudah dimodifikasi menjadi Senjata Api Rakitan.

"Kasus ini terungkap pengembangan dari Polrestabes Surabaya pada Senin (5/11) kemarin, kemudian anggota unit Jatanras Satreskrim Polresta Pontianak melakukan pengembangan ke pemilik senpi rakitan yang lain,"kata Husni pada Rabu (7/11)

Lanjutnya, dari keterangan pelaku AF yang terlebih dahulu diamankan oleh Polrestabes Surabaya, ada warga lain yang juga memiliki senjata api rakitan dengan jenis yang sama ia miliki.

"Berbekal dari keterangan AF, akhirnya AI berhasil di amankan anggota unit Jatanras, ternyata benar Senpi rakitan dan pelurunya sama yang di miliki oleh AF,"kata Kasat Reskrim.

Dan kemudian, dari AI juga mengaku kalau dirinya memperoleh Senjata Api Rakitan tersebut dengan cara membeli seharga Rp. 5.500.000, dari seorang warga Lumajang Jawa Timur yang berinisial HS.

"Hasil pemeriksaan sementara pelaku AI mengakui dirinya membeli Senpi rakitan itu melalui percakapan di medsos dengan HS, saat ini HS sudah terlebih dahulu sudah di amankan oleh Polda Jawa Timur,"katanya.

Lanjutnya, AI sekarang sedang dalam pemeriksaan lebih lanjut dan ia juga terancam PASAL 1 AYAT 1 Undang Undang Darurat No. 12 Tahun 1951 serta barang bukti senpi rakitan warna Stainless steel gagang warna coklat yang sudah di ubah menjadi Senjata Api Rakitan dengan Nomor : 18D58579 Made In USA.

Dan 14 butir amunisi yang diantaranya 9 butir hampa dan 5 butir peluru tajam, satu unit Smartphone dan satu kartu ATM Bank Pemerintah.

Saat di gelar konferensi pres di Mapolresta Pontianak, AI mengakui dirinya membeli senpi melalui chating di media sosial FB dengan seseorang yang ada di Jawa Timur.

Lanjutnya, setelah ia transfer dan kemudian barang tersebut di kirim menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved