Dukung Program Ketahanan Keluarga, DPRD Kalbar Godok Raperda Inisiatif Bersama Eksekutif

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)

Dukung Program Ketahanan Keluarga, DPRD Kalbar Godok Raperda Inisiatif Bersama Eksekutif
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Caleg DPR RI Gerindra nomor urut 1, Dapil Kalbar 2, Antonius Situmorang 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif/Prakarsa Tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga di Provinsi Kalimantan Barat.

Saat ini, Raperda itu masih dalam pembahasan legislatif dan eksekutif. Kehadiran Peraturan Daerah (Perda) itu diharapkan nantinya dapat membangun ketahanan keluarga yang juga jadi program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat.

Anggota DPRD Kalimantan Barat, Antonius Situmorang mengatakan visi pembangunan Kalimantan Barat adalah mewujudkan masyarakat beriman, sehat, cerdas, aman, berbudaya dan sejahtera.

Baca: Soto Solo Berseri Tak Pernah Sepi, Ini Menu Andalannya

Pada tahun 2018, Kalbar diharapkan mencapai titik ideal tersebut sebagai indikator keberhasilan pembangunan.

“Keluarga sebagai salah satu komponen penentu keberhasilan pembangunan, serta sebagai unit terkecil dalam masyarakat. Peran keluarga sangat menentukan kualitas bangsa,” ungkapnya, Rabu (7/11/2018).

Keluarga, kata dia, merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang, menanamkan nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian individu. Jika diibaratkan, keluarga merupakan sebuah pondasi untuk tumbuh dan berkembangnya sebuah bangsa.

“Jika pondasinya kuat dan kokoh maka bangunan diatasnya dapat berdiri tegak, awet dan tahan terhadap goncangan. Pondasi yang kuat haruslah berawal dari keluarga keluarga yang berkualitas tangguh, sehingga tercipta ketahanan nasional,” imbuhnya.

Sebagai satu diantara daerah provinsi di Indonesia, Kalbar memerlukan pelaksanaan pembangunan bersifat menyeluruh, terarah dan terpadu dan berlangsung secara terus-menerus yang dilaksanakan di semua aspek bidang antara lain, pembangunan dalam bidang ekonomi, politik dan hukum. 

“Penguatan ketahanan keluarga juga kunci paling utama untuk menjadikan wahana terbaik dalam mendidik karakter anak. Tanpa itu, mustahil manusia Indonesia memiliki kualitas yang bisa bersaing di masa depan,” terangnya.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved