Pencanangan Kampu KB di Kubu Raya Merata di 9 Kecamatan

Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Kubu Raya terus berlanjut.

Pencanangan Kampu KB di Kubu Raya Merata di 9 Kecamatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus saat diwawancarai awak media usai Diseminasi Hasil Kajian Systemic Review dengan judul Problematika Pengawasan Dana Desa dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Dana Desa di Provinsi Kalimantan Barat yang digelar oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat di Ruang Anggrek II, Hotel Ibis Pontianak, Jalan Ahmad Yani 1 Pontianak, Rabu (5/9/2018) 

Citizen Reporter

Humas Pemkab Kubu Raya

Basani Situmeang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Kubu Raya terus berlanjut.

Kali ini pencanangan kampung KB dilaksanakan di Desa Sungai Ambangah Kecamatan Sungai Raya.

Rencannya, Kampung KB di Kubu Raya akan dicanangkan di 9 Kecamatan yang ada. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus, yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Titus Nursiwan, Wakil Ketua TP PKK Kubu Raya Jeniard Alberta Manao, sertaperwakilan dari BKKBN Provinsi Kalimantan Barat.

Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus, mengatakan pencangan kampung KB di setiap kecamatan di Kubu Raya diharapkan dapat menjadi sebuah motivasi dan upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

Disamping itu, menurutnya, pencanangan kampung KB harus dapat dimaksimalkan untuk mengatur rentang kelahiran.

Baca: Peresmian Monumen Aipda Aipda Amji Attak, Dansat Sangat Mengapresiasi SAC

Sehingga setiap rumah tangga akan mampu merencanakan kelahiran anak dan program pendidikan anak-anak dalam rumah tangga tersebut.

Dengan jarak kelahiran yang terkendali dengan baik akan memudahkan setiap rumah tangga mengatur serta membangun rumah tangga yang bahagia, sejahtera dan harmonis.

“Pencanangan kampng KB setiap Kecamatan yang kita laksanakan ini diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan setiap wilayah di Kubu Raya menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera,” kata Hermanus.

Hermanus mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan.baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan.

"Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah," terangnya.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

“Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu," lanjut Hermanus.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved