Tingkatkan Perlindungan Investor Pasar Modal di Pontianak, KSEI Sosialisasikan Fasilitas AKSes

Ada lebih dari 1,4 juta orang yang tercatat menjadi investor dalam pasar bursa saham Indonesia.

Tingkatkan Perlindungan Investor Pasar Modal di Pontianak, KSEI Sosialisasikan Fasilitas AKSes
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Kepala Unit Pemasaran dan Komunikasi Perusahaan PT KSEI, Adisty Widyasari, saat berikan pemaparan tentang update investasi di bursa saham Indonesia, serta fasilitas perlindungan investor yang disiapkan pihaknya, Selasa (30/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ada lebih dari 1,4 juta orang yang tercatat menjadi investor dalam pasar bursa saham Indonesia.

Dari jumlah sebanyak itu, terhimpun lebih dari Rp 4.100 triliun dana yang terus berputar di pasar saham tanah air.

Perkembangan pesat inipun membuat PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) membuat sistem khusus untuk berikan perlindungan kepada setiap investor agar aman bermain di pasar bursa. Menggandeng PT Bursa Efek lndonesra (BEI) kantor perwakilan wilayah Kalbar, fasilitas perlindungan tersebut pun coba disosialisasikan kepada publik Kalbar.

'Fasilitas' tersebut tak lain adalah AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Baca: Sekretaris PKPI Kecewa Usulan Aspirasi Masyarakat Tak Terakomodir

"Fasilitas AKSes kami sediakan agar investor dapat memantau portofolio investasinya secara langsung pada lembaga yang memang diberikan mandat untuk menyimpan data portofolio investor sesuai Undang-Undang Pasar Modal, yaitu KSEI. Jadi, ibaratnya investor itu memiliki akses langsung untuk melihat investasinya di sistem kami," ungkap Kepala Unit Pemasaran dan Komunikasi Perusahaan PT KSEI, Adisty Widyasari, dalam agenda sosialisasi dan edukasi AKSes, Selasa (30/10/2018).

Ia membeberkan, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya,  Kalbar sendiri saat ini menempati posisi 14 dari 34 provinsi di Kalbar dengan investor di pasar bursa terbanyak. Data ini, di-update pada September 20@8 lalu.

Sedikitnya, ada 10.264 orang di Kalbar yang tercatat menjadi investor di bursa saham. Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 6.196 investor yang berdomisili di kota Pontianak, atau yang terbesar di Kalbar.

Lewat program sosialisasi dan edukasi ini, pihaknya lantas berharap dapat meningkatkan kesadaran investor untuk menggunakan fasilitas AKSes yang dihadirkan PT KSEI. Dengan fasilitas ini, para investor setidaknya bisa melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan wewenang dari pihak yang tidak bertanggung jawab terkait aset ekuitas di pasar bursa yang dimiliki.

Hal ini menurutnya perlu didorong. Apalagi menilik pada kondisi di mana pemanfaatan fasilitas AKSes masih sangat rendah. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan investor dengan menggunakan fasilitas ini, terutama dalam memantau, memonitoring, dan mengamankan aset ekuitasnya.

Penulis: Ishak
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved