Mengapa Perusahaan Kerap Langgar Aturan Pemenuhan Tunjangan Kesehatan?

Sujak mengatakan masalah pemenuhan tunjangan kesehatan memang sering kali dilanggar oleh pihak perusahaan terutama perkebunan sawit.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Ketua Sarikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Kubu Raya, Sujak mengatakan masalah pemenuhan tunjangan kesehatan memang sering kali dilanggar oleh pihak perusahaan terutama perkebunan sawit.

Hal ini menurutnya hampir terjadi di semua perkebunan sawit yang.

"Nah ini juga masalahnya kenapa BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan tidak didaftarkan. Padahal ini ada pidananya kalau ada yang meninggal karena kecelakaan kerja," tuturnya.

Baca: 7 Tahun Bekerja, Memed Tak Terima Tunjangan Kesehatan dari Perusahaan

Anehnya menurut dia peruhsaan sejauh ini seperti aman-aman saja dikala pemenuhan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan tidak dipenuhi.

Hal ini terbukti di satu kabupaten di Kalbar, ada banyak pekerjaannya hingga pensiun tidak didaftarkan ke BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

"Masalah ini sudah dilanggar hampir semua peruhsaan, tapi hingga saat ini belum ada sanksinya. Bahkan yang terjadi perusahaan sepertinya aman-aman saja," katanya.

Bahkan ada kasus yang menimpa buruh yang harus merenggang nyawa karena tidak ada bantuan kesehatan. Lebih parahnya menurut dia anak korban kemduian diexploitasi untuk memenuhi kebutuhan biaya kesehatan orang tuanya tersebut.

"Ada pekerja yang 8 tahun menyemprot kemudian mengalami penyakit di punggungnya karena racun semprotan itu. Mau berobat tapi tidak diberi bantuan, maka anak kandungnya disuruh bekerja agar ayahnya yang sakit itu bisa dapat pesangon untuk uang kesehatan. Dan bahkan sampai meninggal itupun tidak ada bantuannya dari perusahaan itu," tuturnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved