Penting Bagi Pertumbuhan Industri Keuangan, Expo Pasar Keuangan Beri Edukasi di Masyarakat

Pemahaman mengenai inklusi keuangan dan literasi keuangan menjadi hal penting dalam industri keuangan.

Penting Bagi Pertumbuhan Industri Keuangan, Expo Pasar Keuangan Beri Edukasi di Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Provinsi Kalbar, Samsir Ismail, saat berikan keterangan di sela agenda Expo Pasar Keuangan Rakyat 2018, di atrium Ayani Megamal Pontianak, Sabtu (27/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemahaman mengenai inklusi keuangan dan literasi keuangan menjadi hal penting dalam industri keuangan.

Tak hanya menjamin keamanan bertransaksi atau berinvestasi bagi masyarakat, dampaknya juga dinilai berimbas kepada industri keuangan itu sendiri.

"Industri keuangan saat ini memang berkembang, tapi hadapi tantangan cukup berat. Satu di antaranya adalah pemahaman masyarakat soal inklusi dan literasi keuangan," ujar Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Provinsi Kalbar, Samsir Ismail, saat berikan sambutan dalam agenda Expo Pasar Keuangan Rakyat 2018, Sabtu (27/10/2018).

Bukannya tanpa alasan. Ia mengungkapkan, ini keuangan di Indonesia saat ini baru mencapai angka 67 an persen. Di samping itu, literasi hanya baru menyentuh angka 29-an persen.

Baca: Liga 1 Terkini - Direktur Persib Pilih Mundur dari PT LIB, Manajemen Rapatkan Barisan

Expo yang digelar OJK Kalbar dalam peringatan Bulan Inklusi Keuangan 2018 inipun lantas disebutnya jadi momen yang tepat memberikan pemahaman secara utuh soal literasi keuangan kepada masyarakat. "Karenanya, tujuan kegiatan ini juga agar meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat," lanjutnya.

Ia berharap bahwa adanya expo ini juga bisa menstimulasi sinergi antara semua pihak terkait. Sehingga memudahkan masyarakat mengakses produk industri keuangan yang ada.

Dengan demikian, masyarakat juga bisa membuat masyarakat cerdas dan awas dengan investasi dan juga perkembangan fintech beresiko yang saat ini tengah berkembang pesat.

Penulis: Ishak
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved