Breaking News:

Dinas Tenaga Kerja Kubu Raya Akan Dalami Permasalahan Buruh PT Sintang Raya

"Kalau pekerja harian lepas, memang begitu lepas tidak ada pesangon, namun itu selama perusahaan bisa menjaga absensi buruh," ujarnya.

Penulis: Try Juliansyah | Editor: Dhita Mutiasari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Sejumlah Buruh PT Sintang Raya mendatangi Kantor DPRD Kubu Raya untuk melakulan audiensi terkait pesangon yang tidak dibayarkan oleh perushaaan, Rabu (24/10) 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kabid Hubungan Industrial Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kubu Raya, Sahmianto mengatakan memang dalam aturannya untuk buruh lepas tidak diwajibkan untuk dibayarkan pesangon.

Namun tentunya akan dilihat lagi dari absensi untuk buruh lepas di PT Sintang Raya tersebut. 

Baca: Puluhan Buruh Tuntut Pesangon, Begini Tanggapan PT Sintang Raya

Baca: Puluhan Buruh PT Sintang Raya Datangi DPRD Kubu Raya, Tuntut Uang Pensiunan

"Kalau pekerja harian lepas, memang begitu lepas tidak ada pesangon, namun itu selama perusahaan bisa menjaga absensi buruh," ujarnya.

Dimana diakuinya sesuai UU dan Kepmen 2004 yang mengatur buruh harian lepas, masa kerja buruh tersebut selama sebulan 21 hari.

Namun jika lebih maka statusnya bisa menjadi karyawan tetap. 

"Aturannya sudah jelas dasarnya UU dan kepmen tahun 2004 mengatur buruh harian lepas, kalau pekerja lebih dari tiga bulan dan dipekerjakan diatas 21 hari maka statusnya berubah dari buruh lepas menjadi pegawai tetap," katanya. 

Karena itu ia menilai terkait masalah buruh ini untuk mengambil keputusan siapa yang beralasan masih dianggap terlalu dini.

"Kita lihat cek satu persatu buruh tanggal masuk apakah ada hubungan kerja dengan perusahaan, sepanjang absen dapat dijaga oeruhsaah artinya tidak lebih dari 21 hari maka tetap buruh lepas nah kalau lebih dari tiga bulan maka statusnya berubah. Kita lihat dulu apakah ada pelanggaran karena kalau sekarang memutuskan terlalu prematur," tuturnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved