Breaking News:

Diseminasi Program Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir, Katherine: Banyak Manfaatnya

Acara diawali oleh sambutan dari Dekan Fakultas MIPA, Afgani Jayusta, yang menyampaikan bahwa tenaga nuklir itu bukan hanya bom atom,

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Katherine A. Oe bersama BAPETEN menyelenggarakan diseminasi program pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir, Sabtu (20/10/2018). 

Citizen Reporter
Agustinus Hugo, Staf

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) berkoordinasi dengan DPR dan Universitas Tanjungpura menyelenggarakan "Diseminasi Program Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir."

Acara diadakan di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (20/10/2018).

Acara diawali oleh sambutan dari Dekan Fakultas MIPA, Afgani Jayusta, yang menyampaikan bahwa tenaga nuklir itu bukan hanya bom atom, namun banyak manfaatnya di berbagai bidang, seperti di bidang pertanian, kesehatan, dan industri.

Dari hasil kajian bersama para pakar nuklir dinyatakan bahwa dari sisi akademis dan teknologi, Kalimantan Barat cocok untuk didirikan PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir).

Baca: Kagum, Mahasiswi Papua Ini Ingin Miliki Tenun Sambas

Saat ini, Universitas Tanjungpura telah membina kerja sama dengan BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) untuk menanam padi unggulan hasil iradiasi di lahan bekas gambut.

Anggota Komisi VII DPR-RI, Katherine Angela Oendoen, dalam sambutannya menyampaikan bahwa nuklir bukan hanya untuk hal-hal yang berbahaya, namun banyak sekali manfaatnya.

Manfaat yang sudah direalisasikan di Kalimantan Barat adalah di bidang pertanian di daerah Sambas.

Kalimantan Barat juga mempunyai sumber uranium di kabupaten Melawi dan bukan merupakan daerah gempa. Sehingga Kalimantan Barat memiliki potensi untuk pembangunan PLTN.

Pada kesempatan itu juga dipresentasikan tentang "Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Indonesia" oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi BAPETEN, Runi Handayani.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved