Buka PKK-KB Kesehatan, Bupati Jarot Jelaskan Tiga Keuntungan Ibu-ibu Gunakan KB

Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka kegiatan PKK-KB Kesehatan yang dipusatkan di Kampung Keluarga Berencana

Buka PKK-KB Kesehatan, Bupati Jarot Jelaskan Tiga Keuntungan Ibu-ibu Gunakan KB
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka kegiatan PKK-KB Kesehatan yang dipusatkan di Kampung Keluarga Berencana (KB) yang terletak di Desa Menaong Baru, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Rabu (17/10/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka kegiatan PKK-KB Kesehatan yang dipusatkan di Kampung Keluarga Berencana (KB) yang terletak di Desa Menaong Baru, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Rabu (17/10/2018) pagi.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, juga dilaksanakan beberapa kegiatan kesehatan. Seperti pengecekan kesehatan, sunat massal gratis, pasar murah, dan pemasangan serta pengecekan KB di Posyandu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Kepala DKBP3A Kabupaten Sintang, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Sosial, dan Sekretaris Dinas Pendidikan.

Baca: Meriahkan Hari Jadi ke-247, 30 Peserta Meriahkan Festival Saprahan

Dalam arahannya dihadapan kaum ibu-ibu yang hadir, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan bahwa kegiatan KB-Kesehatan ini merupakan kegiatan BKKBN yang berkolaborasi dengan PKK Kabupaten Sintang.

"Jadi di dalam 10 Program Pokok PKK itu ada yang namanya program yang menaungi di bidang kesehatan, dengan demikian kesehatan tersebut diutamakan kepada keluarga, jadi program PKK-KB Kesehatan ini merupakan kolaborasi antara BKKBN dengan PKK untuk memberikan dan mengintensifkan program KB di desa-desa," kata Jarot.

Kendati demikian, Jarot memaparkan bahwa dengan menggunakan program KB pada ibu-ibu maka akan memberikan dampak yang baik dari segi kesehatan, di Indonesia yang menggunakan KB itu hanya 61 persen, jadi sisanya belum menggunakan.

"Tentu keuntungan dari menggunakan KB ini ada tiga hal yang utama, pertama dengan menggunakan KB maka akan menjaga dan menghargai hak asasi ibu-ibu, kedua kalau kita menggunakan KB maka kesehatan ibu akan terjamin, dan yang ketiga kalau kita menggunakan KB maka kesehatan anak juga akan terjaga," ungkap Jarot.

Oleh karena itu, dengan tiga manfaat utama dalam menggunakan KB pada ibu-ibu tersebut maka hidup akan menjadi teratur. Ibu-ibu bisa mengatur pola kehidupan anak, ibu dan keluarga, kemudian agar anak tidak mengalami stunting atau tinggi badan tidak sesuai dengan umur.

"Stunting bisa terjadi karena 1000 hari pertama kelahiran sampai 3 tahun tidak diurus dengan baik, kemudian pas saat kehamilan jarang mengecek, kurangnya makanan pendamping ASI, dan juga kekurangan gizi seorang anak, tentu ini perlu juga diperhatikan bagi ibu-ibu," tuturnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved