Posko GMHP Sepi Pengunjung, Aan Nilai Perlu Menggugah Kesadaran Pentingya Hak Pilih

Menurutnya banyak indikator yang menyebabkan permasalahan tersebut baik dari sisi KPU sebagai penyelenggara pemilu

Posko GMHP Sepi Pengunjung, Aan Nilai Perlu Menggugah Kesadaran Pentingya Hak Pilih
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Ketua Gerakan Pemilih Cerdas Kalbar Aan Sumantri 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Gerakan Pemilih Cerdas Kalbar Aan Sumantri menilai masih minimnya warga yang datang ke posko GMHP mengidentifikasikan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan hak pilih masih rendah.

Menurutnya banyak indikator yang menyebabkan permasalahan tersebut baik dari sisi KPU sebagai penyelenggara pemilu maupun institusi terkait.

Baca: KPU Pontianak Massifkan Sosialisasi Masyarakat untuk datangi Posko GMHP

Baca: Pitteriya: Warga yang Datang ke Posko GMHP di Kantor Camat Pontianak Tenggara masih Sedikit

"KPU tentunya harus intens sosialisasi ke masyarakat. Selain itu pendidikan politik masyarakat juga dirasakan masih belum maksimal baik itu yang dilakukan oleh penyelenggara maupun partai politik," ujarnya.

Lebih lanjut Aan menilai agar posko GMHP bekerja efektif KPU perlu melibatkan unsur-unsur masyarakat sipil dan organisasi masyarakat. Hal itu juga penting untuk dirangkul oleh KPU seperti karang taruna, PKK, Ormas dan OKP lainnya.

"Masyarakat perlu terus digugah kesadarannya tentang pentingnya memberikan hak pilih dalam setiap agenda politik," ujarnya.

Ia mengatakan KPU tidak bisa bekerja sendiri. KPU harus memperkuat jejaring dengan seluruh komponen dan elemen masyarakat agar seluruh agenda politik tersosialisasikan dengan baik, termasuk di antaranya soal efektivitas posko GMHP

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved