Gelar Lanceng Praben Pertama di Mempawah, Ini Makna di Sebaliknya

Firman menyatakan dukungannya atas terselenggaranya pemilihan Duta Pemilihan Duta Lanceng Praben Mempawah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Peserta Lanceng Praben Mempawah 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH- Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Mempawah, menggelar Pemilihan Duta Lanceng Praben Mempawah, yang mana Puncak pemilihan direncanakan akan di gelar di Taman Ria Terminal Bus Mempawah, pada Sabtu (13/10/2018) malam.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar), Firman Juli Purnama di Wisma Chandramidi, Kamis (11/10/2018), dan Pemilihan Duta Lanceng Praben ini diikuti 34 peserta, terdiri dari 17 pria atau lanceng dan 17 wanita atau praben.

Baca: Lanceng Praben di Mempawah, Kepala Disdikporapar Harap Beri Efek Multiplier

Baca: Kementerian ESDM Gelontorkan 25 Ribu Mesin Perahu BBG, 214 untuk Nelayan Kecil Mempawah

Atas nama pemerintah daerah, Firman menyatakan dukungannya atas terselenggaranya pemilihan Duta Pemilihan Duta Lanceng Praben Mempawah yang dilaksanakakan secara perdana.

Miftahul Ahyar, selaku ketua panitia, mengatakan kegiatan pemilihan Pemilihan Duta Lanceng Praben Mempawah ini baru pertama kali dilaksanakan.

Berkat perjuangan pengurus IKBM yang didukung Pemkab Mempawah, akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana dan diharapkannya dapat berjalan sukses dan lancar.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya yang diwariskan para leluhur, kami berharap para lanceng praben yang artinya laki-laki dan wanita yang belum menikah di kalangan masyarakat Madura ini nanti dapat mempunyai bekal dan kemampuan untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan Madura di masyarakat,” ucapnya. Kamis (11/10/2018).

Miftahul Ahyar mengungkapkan bahwa Lanceng berarti laki - laki yang belum menikah, dan Praben Perempuan yang belum menikah.

Ia memaparkan, filosofi di balik Lanceng Praben sendiri adalah identitas perlombaan kalangan pemuda yang mempunyai kemampuan baik dari sifat maupun intelektual secara kehidupan.

"Untuk Outputnya di harap kan dari kaum pemuda Madura dapat mempunyai Duta Lanceng Praben, sehingga nanti melalui Duta ini budaya - budaya Madura dapat terexpose,"jelas Miftahul.

Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved